loader image

LK3 Gelar Lomba Cipta dan Kreasi Lempeng Banjar

20 peserta mengikuti lomba cipta dan kreasi lempeng Banjar dalam rangka merayakan Ulang Tahun LK3 Banjarmasin yang ke 26 tahun.(edoy)

BANJARMASIN – Para pelaku UMKM bidang kuliner dampingan program pemberdayaan Lembaga Kajian Keislaman dan Kemasyarakatan (LK3) Banjarmasin ikuti lomba cipta dan kreasi lempeng Banjar.

Sebanyak 10 tim yang terdiri dari 20 peserta mengikuti lomba cipta dan kreasi lempeng Banjar dalam rangka merayakan Ulang Tahun LK3 Banjarmasin yang ke 26 tahun.

 “ Tujuan dari kegiatan ini, selain memeriahkan ulang tahun LK3 ke 26, juga untuk mengasah kreatifitas para pelaku UMKM bidang kuliner yang tergabung dalam komunitas warung rukun,” ujar Koordinator program pemberdayaan LK3 Banjarmasin, Rakhmalina Bakhriati di sela lomba bertempat di Kampung Buku, Sultan Adam, Banjarmasin, Sabtu (18/1).

Karena peserta memang bekerja pada bidang kuliner, tidak sulit memunculkan berbagai kreasi dari para peserta.

Lahirlah berbagai lempeng kreasi baru. Mulai dari lempeng klasik sampai lempeng tabur granola, termasuk lempeng jaring pla durian.

Berbagai kreasi yang dilakukan para peserta, membuat lempeng banjar menjadi lebih inovatif, mengikuti selera kekinian.

Salah satu peserta saat membuat lempeng banjar.(edoy)

Rakhmalina menambahkan, lempeng harus di kreasikan, dikembangkan dan terus dikenalkan. Karena lempeng merupakan pizza asli orang banjar. Lempengnya jangan diubah, agar keasliannya jangan hilang, cukup dikreasikan, dipadukan dengan bahan lainnya.

Ada tiga pemenang lomba, yaitu lempeng granola, lempeng yuri dan lempeng jaring pla durian. Semua resep kreasi pemenang lomba lempeng ini, nantinya akan menjadi menu yang akan ditawarkan di kampung buku, warung pizza rukun.

 “Mengapa mengambil tempat di kampung buku, agar kampung buku benar-benar menjadi tempat literasi untuk belajar berbagai hal, termasuk kuliner banjar, “ jelas Rakhmalina Bakhriati.rds