loader image

The Polt Gelar Event Bersepeda di Tala

Bupati Tanah Laut, H Sukamta saat melepas Event Bersepeda di Alam Tuntung Pandang (Balatupan) Part 4, kali ini event mengambil titik start dan finish di Objek Wisata Air Terjun Bajuin

PELAIHARI  –  Komunitas The Polt Tanah Laut (Tala), kembali menggelar Event Bersepeda di Alam Tuntung Pandang (Balatupan) Part 4, kali ini event mengambil titik start dan finish di Objek Wisata Air Terjun Bajuin, Desa Sungai Bakar, Bajuin, Ahad (12/01).

Bupati Tala, H Sukamta didampingi Kapolres AKBP Cuncun Kurniadi dan Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Tala, Ismail Fahmi melepas ribuan peserta Balatupan.

Menurut salah satu panitia, Kidy, kegiatan gowes Balatupan part 4 kali ini, salah satu event Mountain Bike, dimana para peserta yang mengikuti kegiatan berjumlah 1.500 goweser.

“Terdaftar pada panitia ada lebih dari 1.500 peserta, berasal dari kabupaten/kota se – Kalsel, namun juga ada dari Kaltim dan Kalteng,” ujar Kidy.

Sementara jalur track yang diambil, medan terjal offroad dan juga melintasi beberapa sungai. “Untuk track kami pastikan tak mengecewakan para peserta, karena yang kita pilih semuanya offroad dan cukup esktrim,” jelasnya.

Gowes Balatupan sendiri terbagi menjadi dua kategori yaitu fun dengan jarak tempuh 15 kilometer dan ekstrim dengan jarak tempuh 22 kilometer.

Tak mau kalah dengan peserta, Bupati Tala, H Sukamta pun ikut menjajal kategori fun dengan jarak tempuh 15 kilometer.

Menurut Kamta (sapaan akrabnya), track yang disuguhkan sangat luar biasa. Selain cukup terjal, bahkan melalui beberapa sungai. Tracknya terjal, selain itu juga melewati daerah pertanian dan perkebunan. Seolah menggambarkan Tala sebagai daerah yang kuat di sisi sektor perekonomian itu,” ujarnya.

Kamta tak menampik, event Balatupan ini sebagai ajang media promosi, karena mengambil Objek Wisata Air Terjun Bajuin sebagai titik start dan finish.

“Air Terjun Bajuin memiliki potensi wisata yang sangat besar, dan akan dikembangkan lagi Pemkab Tala pada tahun 2020 ini,” jelas Kamta. can/ani