Sektor Kesehatan Tetap Prioritas

PARINGIN, MB   –  Bupati Balangan H Ansharuddin mengungkapkan, pembangunan daerah saat ini memprioritaskan pengembangan kualitas sumber daya manusia, dengan pilihan jalur utama pada pembangunan pendidikan dan kesehatan.

Jadi apapun yang menghambat produktivitas warga, kata Bupati, baik itu faktor kesehatan, pendidikan, infrastruktur dan lain – lain, tentu ujung – ujungnya akan menghambat pengembangan kualitas s.d.m dan produktivitas. Jadi, harus kita tangani dan atasi dengan tepat.

“Kita juga tentu memahami, bahwa kesehatan itu bukan mengenai badan semata, tetapi juga kesehatan jiwa. kalau masalah kesehatan badan bisa berimplikasi ke bidang – bidang lain, demikian juga masalah kesehatan jiwa, jika tidak kita tangani dengan tepat bisa meluas menjadi masalah sosial maupun ekonomi, dan menjadi lubang dalam pembangunan,” ujar Ansharuddin beberapa waktu lalu.

Untuk itulah, kata Bupati, sudah menjadi tugas bersama memberikan penangan terhadap para warga yang menderita gangguan jiwa.

“Karena selain mereka adalah warga masyarakat kita juga, kita juga punya beberapa kebijakan dan program yang kita khususnya untuk kaum difabel, untuk anak – anak, balita, lansia dan sebagainya. Rasanya tidak adil kalau kita tidak memiliki kebijakan, dukungan dan program yang khusus untuk kalangan penderita gangguan jiwa,” ungkapnya.

Terakhir Ansharuddin berharap, akan tumbuh komitmen dan dukungan yang semakin baik, semakin representative. “Ke depannya dapat sama – sama kita rumuskan sebagai kebijakan dengan dukungan tenaga, dana, sarana, kemudahan maupun berbagai bentuk lainnya,”pungkasnya. (SA/mb03)