Pemko Kesulitan Tambah Lahan TPU

Mukhyar

BANJARMASIN – Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin kesulitan menambah Ruang Terbuka Hijau (RTH) untuk area pemakaman umum, karena harga lahan cukup mahal.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kota Banjarmasin H Mukhyar, saat rapat kerja bersama, dengan Komisi III DPRD Kota Banjarmasin men­yebutkan, ada dua area pema­kaman umum yang dikelola Pemko Banjarmasin, untuk Banjarmasin Kuburan Muslimin berlokasi di Sungai Jingah, sedangkan satunya berada di Kilometer 22 Banjarbaru. 

“Untuk area pemakaman di Sei Jingah sudah full, tidak bisa ada penambahan lagi, sekarang kami fokus melakukan pem­benahan pemakaman di Km 22 Banjarbaru,” ungkap Mukhyar kepada wartawan.

Lebih jauh dijelaskan Mukhyar, untuk penambahan area pemakaman di Banjarmasin tersebut, direncanakan sejak 2013 lalu, hingga saat sekarang Pemko Banjarmasin, belum bisa melakukan penambahan area lahan itu untuk dijadikan Tempat Pemakaman Umum (TPU).

“Di Banjarmasin sudah sulit mencari lahan untuk dijadikan TPU, ada satu atau dua titik, cuma masih tidak terlalu luas, lahan itu minimal kita mem­butuhkan dua hektar,” jelasnya.

Dikatakannya, lahan untuk Tempat Pemakaman Umum (TPU), pihaknya pernah mem­bidik di kawasan Lingkar Selatan, walaupun lahannya cukup luas tersedia, tetapi setelah dilakukan kajian, ternyata tidak bisa karena tanahnya rawa dan sangat tidak cocok dijadikan tersebut.

Sementara itu, pihaknya melakukan pembenahan yang berada di Km 22, saat ini sudah dilakukan pemasangan pagar, rencananya pihaknya mau me­nam­bah luasan lahan, mengingat nantinya lahan yang digunakan pasti semakin bertambah.

“Berhubungan kami masih kesulitan lahan un­tuk penam­bahan area TPU, maka akan kita memanfaatkan lahan ada den­gan melakukan pem­benahan dan pemasangan pagar,”katanya.edo