loader image

Ini Alasan Mengapa Air Kelapa Sangat Cocok Dikonsumsi Penderita Diabetes

Air kelapa merupakan salah satu minuman yang memiliki dampak kesehatan luar biasa. Minuman ini sangat dianjurkan untuk dikonsumsi semua orang dalam berbagai kondisi kesehatan.

Manfaat sehat yang dimiliki oleh air kelapa ini menjadikannya sebagai minuman yang cocok bahkan bagi penderita diabetes. Minuman ini sangat disarankan untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Air kelapa mengandung sejumlah nutrisi penting seperti vitamin C, vitamin B1, potasium, sodium, tembaga, mangan, selenium. fosfor, dan zat besi. Segudang kandungan ini menjadikan minuman ini memiliki segudang manfaat bagi tubuh.

Dilansir dari Boldsky, sebuah penelitian yang dipublikasikan pada Journal of Medicinal Food pada 2015 mengungkap bahwa air kelapa sangat membantu dalam menyiasati diabetes. Diketahui bahwa air kelapa bisa membantu menurunkan konsentrasi glukosa.

Walau begitu terdapat batasan dalam mengonsumsi air kelapa lebih dari 250 ml sehari karena dapat meningkatkan glukosa dan malah berdampak buruk. Selain itu disarankan untuk mengonsumsi kelapa hijau dan jangan mengonsumsi yang sudah matang sebab memiliki lebih banyak lemak dan gula.

Bisa Menjaga Tekanan Darah

Air kelapa memiliki kandungan dua hal penting yaitu potasium dan sodium. Keduanya dibutuhkan untuk menjaga tekanan darah tubuh tetap dalam ambang sehat.

Kelapa juga diketahui memiliki kandungan serta yang tepat bagi penderita diabetes. Tingginya serat serta karbohidrat rendah dari air kelapa menjadikannya sangat tepat untuk dikonsumsi bagi penderita diabetes.

Membantu Mempertahankan Berat Badan

Berat badan merupakan salah satu masalah yang dialami banyak penderita diabetes. Air kelapa memiliki manfaat untuk mencegah lapar karena keberadaan sejumlah nutrisi penting serta serat di dalamnya.

Pada air kelapa terdapat juga kandungan antioksidan serta asam lemak omege-3. Air kelapa bisa membantu mempertahankan tingkat glukosa tubuh serta mencegah bertambahnya berat badan secara berlebih.

Memiliki Indeks Glikemik Rendah

Air kelapa memiliki indeks glimek rendah yang bisa mencegah meningkatnya gula darah tubuh secara mendadak. Hal ini juga membantu mencegah resistensi insulin serta diabetes tipe 2.

Meningkatkan Sirkulasi Darah

Air kelapa bisa membantu meredakan gejala diabetes yang dialami seseorang. Minuman ini bisa membantu memperlebar pembuluh darah serta mengatasi berbagai gejala utama diabetes yang terjadi akibat sirkulasi darah yang buruk. Sejumlah hal tersebut bisa jadi manfaat yang kamu nikmati dari mengonsumsi air kelapa.

Hanya saja pastikan untuk mengonsumsinya dalam jumlah tepat untuk memperoleh manfaat sehatnya. mdk/ron