Dispustarda Giatkan Program Mendongeng

H Ahmad Husaini

BANJARMASIN – Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Banjarmasin H Ahmad Husaini menyatakan pihaknya menggiatkan program mendongeng bagi anak-anak dalam upaya mencerdaskan anak bangsa dan gemar membaca.

Bahkan program mendongeng bagi anak-anak ini, lanjut dia di Banjarmasin Selasa menjadi program unggulan yang dipusatkan di panggung samping perpustakaan milik pemerintah kota di Siring Sungai Martapura di Jalan Piare Tendean.

Namun demikian, kata dia, kegiatan mendongeng ini juga dilakukan ke sekolah-sekolah dan tempat di mana mobil perpustakaan keliling hadir.

“Sejak tahun lalu kita giatkan, bahkan tahun ini akan kita intensif lagi,” ujarnya A Husaini. Tahun ini pun, kata dia, pihaknya akan tetap menggandeng pendongeng-pendongeng handal baik dari seniman maupun dari mahasiswa.

“Ramai sekali saat kita gelar acara mendongeng itu, khususnya saat hari-hari libur, di mana objek wisata Siring itu lagi ramai pengunjung,” paparnya.

Dongeng-dongeng yang disampaikan, ujar dia, banyak sejarah, baik sejarah perjuangan, orang-orang hebat, kisah kehidupan binatang, maupun budaya yang bernilai pendidikan.

“Disampaikannya penuh dengan canda, hingga anak-anak suka dan gembira mendengar, karena banyak juga anak-anak yang masihK,” tuturnya.

A Husain menyebutkan kegiatan mendongeng ini sebagai tujuan untuk mencerdaskan anak bangsa dan gerakan gemar membaca. “Pimpinan kita juga mengamanatkan untuk menggiatkan kegiatan mendongeng bagi anak ini,” paparnya.ant