Desa Buas – Buas Laksanakan Seleksi Aparat Desa

APARAT DESA – Suasana seleksi aparat desa yang digelar Desa Buas – Buas Hilir, Kecamatan Candi Laras Utara.(herman)

RANTAU, –  Banyaknya ASN Sekretaris Desa yang mendapat tugas baru di Kantor Kecamatan, membuat beberapa desa di Kab.Tapin kembali menggelar seleksi pemilihan sekretaris desa, salah satunya desa Buas – Buas Hilir yang baru – baru tadi selesai melaksanakan seleksi aparat desa.

M Noor Kades desa Buas – Buas Hilir mengungkapkan, selain melaksanakan seleksi sekretaris desa, beberapa aparat desa lainnya juga dilakukan seleksi, dimana saat ini desa Buas – Buas Hilir memerlukan 3 orang Kaur, 3 orang Kasi, 2 Kadus dan 1 Sekdes.

Setelah dipilih dan disahkan sebagai aparat desa yang baru, maka aparat desa terpilih akan menjabat sampai umur 60 tahun berdasarkan aturan yang baru, tandas M Noor.

Sementara itu Drs Rahmadi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kab.Tapin saat dimintai keterangannya mengatakan, pemilihan aparat desa dilaksanakan berdasarkan peraturan menteri dalam negeri RI No 83 tahun 2015 tentang pengangkatan dan pemberhentian aparat desa.

Serta Permendagri No 84 tahun 2015 tentang susunan organisasi dan tata kerja pemerintah desa, dimana dalam Permendagri diatan semua telah dijabarkan tentang tatacara pemilihannya,” kata Rahmadi saat ditemui awak media diruang kerjanya.

Terkait pemilihan aparat desa, Drs Rahmadi menjelaskan dengan adanya Permendagri diatas maka masa jabatan aparat desa sampai dengan usia 60 tahun.

Dimana dalam mekanisme pemilihannya, kepala desa harus terlebih dahulu membentuk tim seleksi yang terdiri dari Ketua, Sekretaris dan minimal seorang anggota selanjutnya kepala desa melakukan penjaringan dan penyaringan calon perangkat desa ya dilakukan oleh tim.

Ditambahkan Rahmadi, pelaksanaan penjaringan dan penyaringan bakal calon perangkat desa dilaksanakan paling lama dua bulan setelah jabatan perangkat desa kosong atau diberhentikan dan hasil penjaringan dan penyaringan perangkat desa sekurang – kurangnya ada dua orang yang dikonsultasikan oleh kepala desa kepada Camat.

Kemudian Camat memberikan rekomendasi tertulis terhadap calon perangkat desa selambat – lambatnya 7 hari kerja dan rekomendasi yang diberikan camat berupa persetujuan atau penolakan berdasarkan persyaratan  yang ditentukan.

“Dalam hal Camat memberikan persetujuan, kepala desa menerbitkan keputusan kepala desa tentang pengangkatan perangkat desa,” terang Rahmadi. Dalam hal rekomendasi camat berisi  penolakan, kepala desa harus melakukan penjaringan dan penyaringan kembali calon perangkat desa, terang Rahmadi.(her/m03)