loader image

Bupati Inginkan Rekayasa Genetika Durian

Bupati Tanah Laut, H Sukamta saat menghadiri kontes durian se-Kabupaten Tanah Laut

PELAIHARI  –  Bupati Tanah Laut (Tala), H Sukamta menginginkan masyarakat yang memiliki varietas durian unggul untuk dapat dilakukan rekayasa genetika.

Hal tersebut disampaikannya saat membuka Kontes Durian Unggulan di Halaman Kantor Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Tanah Laut, di Pelaihari, Senin (13/1).

Menurut Sukamta, dengan adanya rekayasa genetika durian ini, maka akan dapat berbuah lebih banyak dan juga waktu panen durian dapat dilakukan setahun dua kali.

“Saya mengharapkan hal itu agar para pemilik varietas durian unggul dapat lebih sejahtera, karena durian unggul semakin dicari oleh masyarakat sehingga masyarakat semakin sejahtera,” ujar Kamta (sapaan akrabnya).

Kamta mengakui, durian di Kabupaten Tala ini merupakan yang terbaik, selama musim durian yang ada di wilayah Kalsel, dirinya belum menemukan rasa durian terbaik seperti dari pohon di Tala, karena kualitas durian di Tala sangat baik.

“Dalam perjalanan dari Kalimantan Timur (Kaltim) ke Pelaihari, saya belum menemukan durian terbaik dari Tala,” ungkapnya.

Untuk itu, dia mengharapkan adanya durian yang menjadi juara kontes dan yang belum beruntung untuk terus merawat durian dengan baik, karena buah ini selalu dinanti masyarakat setiap tahun. can/ani