loader image

Musim Hujan, BPBD Waspada

PARINGIN, MB  –  Saat ini curah hujan dengan intensitas tinggi mulai terjadi di Balangan, Bupati H Ansharuddin meminta personil BPBD supaya bersikap lebih waspada terhadap kemungkinan munculnya bencana alam. Baik berupa banjir, tanah longsor atau angin topan.

“Memasuki musim hujan ini, biasanya sangat rentan terjadi bencana. Untuk itu, saya minta personil BPBD dan petugas penanggulangan bencana lainnya bersikap lebih waspada,” tegasnya.

Menurut Anshar, bahwa daerah kita ini sebenarnya bukanlah daerah yang bebas bencana. Biasanya di musim penghujan yang curahnya tinggi, di wilayah kecamatan Halong, Juai dan Lampihong selalu terlanda banjir.

Oleh karenanya juga bupati meminta warga untuk waspada, ia meminta kepada pihak BPBD untuk lebih sigap dalam penanganan bencana. Upaya monitoring kondisi lapangan perlu terus dilakukan setiap saat. Harapannya, jika terjadi bencana bisa meminimalisir korban, baik jiwa maupun harta benda.

“Datangnya bencana alam ini tidak bisa diprediksi kapan datangnya. Untuk itu, sikap waspada selalu kita lakukan agar bisa mempercepat upaya penanganan. Tidak lupa, koordinasi dengan instansi terkait lainnya juga rutin diperlukan,” imbuh Ansharuddin.

Sebelumnya, Kepala BPBD Balangan, Alive Yoesfah Love mengatakan, potensi banjir masih menjadi ancaman dalam bulan Januari sampai Maret di Kabupaten Balangan. “Selain banjir juga kami waspadai adalah longsor dan angin kencang, sehingga perlunya antisipasi secara dini,” katanya.

Selain itu lanjut Alive, BPBD Balangan juga telah menyebarkan spanduk dan baliho himbauan tentang bencana disejumlah titik rawan bencana di Kabupaten Balangan. Melalui hal tersebut agar masyarakat jangan sampai lengah dan harapannya bisa menjaga dan memelihara lingkungan sekitar, misalnya jangan membuang sampah sembarangan apalagi kesungai.

“Dengan bersihnya sampah dilingkungan maka akan meminimalisir terjadinya banjir dan juga membuat air cepat mengalir,” ujarnya. Masih menurut Alive, potensi bencana di tahun 2020 khususnya di Kabupaten Balangan masih ada rawan pergerakan tanah terutama di Kecamatan Halong dan Tebing Tinggi.

Kemudian juga curah hujan cukup tinggi, sehingga terjadinya banjir, longsor maupun angin kencang patut diwaspad.”Oleh karenanya kepada masyarakat kami himbau agar lebih waspada dan berhati – hati selama musim hujan, seperti jangan terlalu banyak beraktivitas diluar rumah saat hujan ataupun angin deras,” pungkasnya. (SA/mb03)