Kampung KB Wadah Pelaksanaan KKBPK

VERIFIKASI – Wakil Ketua TP PKK Kota Banjarbaru Hj Eny Apriyati Darmawan Jaya Setiawan menyambut kedatangan rombongan Tim Verifikasi Pelaksanaan Kesatuan Gerak PKK-KKBPK-Kesehatan di Kecamatan Cempaka.

BANJARBARU – Untuk mewujudkan agenda prioritas pembangunan (Nawacita), maka dibentuklah Kampung KB sebagai wadah pelaksanaan Program Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK).

Hal ini disampaikan Asis­ten Bidang Perekonomian, Pembangunan dan Kesra Pemerintah Kota Banjarbaru Dra Hj Mahrina Noor, saat Penilaian/Verifikasi Pelaksanaan Kesatuan Gerak PKK-KKBPK-Kesehatan Kota Banjarbaru di Kantor Kelurahan Sei Tiung Kecamatan Cempaka, beberapa waktu lalu.

“Kampung KB sebagai wa­dah pelaksanaan Program KK­BPK dan program pembangunan lintas sektor di tingkat lini lapangan pada wilayah desa dan kelurahan,” kata Mahrina.

Untuk itu, Pemerintah Kota Banjarbaru telah berkomitmen memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat Banjarbaru, yang tentunya tidak akan tercapai tanpa adanya dukungan dan bantuan dari seluruh elemen masyarakat, baik dari pihak organisasi sosial, pelaku usaha, maupun lembaga kemasyarakatan lainnya, jelas Mahrina.

“Tidak kalah penting adalah peran serta Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK),” ujarnya. Menurutnya, gerakan Pem­ber­­dayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) merupakan suatu upaya menumbuhkembangkan dan mem­berdayakan keluarga, untuk mencapai kesejahteraan keluarga.

Untuk mewujudkan ini sebut Mahrina, antara lain dilakukan melalui 10 program pokok PKK, khususnya program ke-7, 9, dan 10 yang terdiri dari kesehatan, kelestarian lingkungan hidup, dan perencanaan sehat.

Sebagai perwujudan program tersebut, dilaksanakan kegiatan Kesatuan Gerakan PKK-KKBPK-Kesehatan secara rutin, dengan melibatkan instansi lintas sektoral baik di tingkat kabupaten, kecamatan, dan desa/kelurahan, dalam rangka membangun k­e­luarga yang sejahtera.

Ketua Tim Verifikasi Pela­k­sanaan Kesatuan Gerak PKK-KKBPK-Kesehatan HM Ramlan menjelaskan, program keluarga berencana dan pembangunan keluarga berencana pada dasar­nya, senantiasa melaksanakan dan meningkatkan peranannya. hum/dio