Juventus Geser Inter

Mencetak Gol  – Ronaldo mencetak gol ke gawang Roma dari titik putih. Foto: Paolo Bruno/Getty Images

Roma – Juventus berhasil meraup tiga poin di giornata ke-19 Liga Italia. Berjumpa AS Roma, Si Nyonya Tua menang 2-1. Di Stadion Olimpico, Senin (13/1) dini hari WIB, Juve sudah unggul cepat di menit ke-3 lewat gol Merih Demiral. Cristiano

Ronaldo menggandakan keunggulan Bianconeri tujuh menit berselang. Roma membalas lewat penalti Diego Perotti di menit ke-68, namun gagal mendapatkan gol kedua hingga laga usai.

Hasil ini membuat Juventus memuncaki klasemen sementara Liga Italia, menggeser Inter Milan. Bianconeri me­ngum­pul­kan 48 poin, unggul dua poin dari Nerazzurri. Sedangkan bagi Il Lupi, kekalahan ini membuat mereka merosot satu tingkat ke urutan kelima dengan perolehan 35 poin.

Juventus langsung unggul di menit ke-3. Menerima umpan tendangan bebas dari Paulo Dybala, sontekan Merih Demiral berhasil menaklukkan kiper Roma, Pau Lopez.

Di menit ke-10, Juve kembali menjebol gawang Roma. Pelanggaran Jordan Veretout kepada Dybala di kotak penalti Roma membuat wasit menunjuk titik putih. Cristiano Ronaldo yang menjadi eksekutor sukses mengecoh Pau Lopez.

Tertinggal dua gol, Roma tak menyerah. Tampil di kandang sendiri, mereka mencoba mencari gol balasan. Lorenzo Pellegrini mendapat peluang di menit ke-18, namun sepakan jarak dekatnya diblok Adrien Rabiot yang berada di garis gawang.

Di menit ke-36, Aleksandar Kolarov mendapat peluang mencetak gol, tapi tendangan bebasnya masih melambung di atas gawang Wojciech Szczesny.

Di masa injury time, Ronaldo nyaris mencetak gol keduanya di laga ini, namun tembakannya dari sudut kanan masih ditepis Pau Lopez. Babak pertama pun berakhir dengan skor 2-0 untuk tim tamu.

Memasuki babak kedua, Roma mengambil inisiatif serangan, sementara Juve bermain sedikit bertahan. Meski begitu, cukup lama bagi Il Lupi untuk menciptakan peluang berbahaya. Di menit ke-65, Edin Dzeko nyaris membobol gawang Szczesny, tapi tendangan kerasnya masih membentur tiang gawang.

Roma akhirnya berhasil memperkecil ketertinggalan di menit ke-68. Handball Alex Sandro membuat wasit menghadiahkan penalti untuk Giallorossi. Diego Perotti yang ditunjuk sebagai eksekutor berhasil menjalankan tugasnya dengan baik.

Dibobol oleh Roma, Juve berusaha membalas. Ronaldo kembali mendapat peluang di menit ke-77, tapi sundulannya melenceng tipis di samping gawang Roma.

Empat menit kemudian, Roma balik menekan. Kolarov mendapat kans bagus di depan gawang Juve, namun sundulannya masih diselamatkan Szczesny.

Di laga lainnya Sampdoria bangkit dari tertinggal satu gol untuk menang besar 5-1 atas tamunya Brescia dalam pertandingan lanjutan Liga Italia yang dimainkan di Stadion Luigi Ferraris, Genoa, Minggu.

Kemenangan kelimanya di musim ini menjauhkan Sampdoria dari zona degradasi. Mereka kini berada di peringkat ke-16 dengan 19 poin, demikian catatan laman resmi Liga Italia.

Brescia membuka keunggulan dari situasi bola mati pada menit ke-12 saat Ernesto Torregrossa meneruskan bola tendangan sudut untuk disundul Jhon Chancellor menjadi gol dari jarak dekat.

Kemasukan satu gol membuat Sampdoria meningkatkan intensitas serangan. Hasilnya mereka petik pada menit ke-34 ketika bola sapuan Ales Mateju jatuh di penguasaan Karol Linetty yang berada di tepi kotak penalti. Sepakan voli Linetty menghujam masuk gawang tim tamu.

Brescia sempat menyamakan kedudukan melalui upaya Mario Balotelli, tetapi gol itu tidak disahkan karena Torregrossa berada dalam posisi offside dalam proses terjadinya.

Sampdoria mendapatkan gol ketiganya lewat hadiah penalti akibat bola mengenai lengan Massimiliano Ma­ngraviti di kotak terlarang pada menit ke-69. Fabio Quagliarella me­ngeksekusi bola dengan sepakan keras ke sudut gawang Brescia. Pemain pengganti Gianluca Caprari menambah keunggulan Sampdoria pada menit ke-77.

Quagliarella melengkapi kemenangan timnya dengan mengemas gol penutup pada menit ke-91. Ia menerima umpan panjang, mengatasi kawalan Mangraviti, dan melesakkan bola lob melewati kiper Joronen.dtc/ant/ron