loader image

City Hajar Aston Villa 6-1

Tiga Gol  – Sergio Aguero mencetak tiga gol ke gawang Aston Villa dalam lanjutan Liga Inggris Pekan ke- 22. Foto: Catherine Ivill/Getty Images

Birmingham – Manchester City mencatat ke­menangan besar saat berjumpa Aston Villa di pekan ke-22 Liga Inggris. Tampil tanpa cela, mereka berhasil unggul telak 6-0.

Bertanding di Villa Park, Minggu (12/1), Sergio Aguero menjadi bintang kemenangan dengan hat-tricknya di menit ke-28, 57, dan 81. Tiga gol sisanya dicetak oleh Riyad Mahrez (18′, 24′), dan Gabriel Jesus (45+1′). Sementara itu, Villa hanya mendapat hiburan lewat gol Anwar El Ghazi di masa injury time babak kedua.

Hasil ini membuat tim asuhan Pep Guardiola naik ke peringkat kedua klasemen sementara Liga Inggris dengan 47 poin. Sedangkan Villa masih tertahan di zona degradasi, tepatnya di posisi ke-18 dengan 21 poin.

Anwar El Ghazi langsung memberikan ancaman ke gawang City di menit pertama, tapi sundulannya masih melebar. Joao Cancelo balas mengancam tujuh menit berselang, tapi sepakan jarak jauhnya juga belum tepat sasaran.

Sergio Aguero juga mendapat kans di menit ke-16 usai menerima umpan terobosan dari David Silva, namun ia terpeleset dan sepakannya mudah saja ditangkap oleh kiper Villa, Orjan Nyland.

Dua menit kemudian, City tak lagi membuang peluang. Mendapat umpan Aguero di sisi kanan, Riyad Mahrez melakukan cut inside ke kotak penalti. Usai melewat hadangan dua pemain Villa, pemain Aljazair melepaskan tembakan yang tak bisa dihalau Nyland.

Meski unggul satu gol, City terus menekan. Di menit ke-24, mereka menggandakan keunggulan. Berawal dari keberhasilan David Silva merebut bola dari Danny Drinkwater di kotak penalti Villa, bola liar itu diterima Gabriel Jesus yang langsung mengumpan kepada Mahrez, dan dengan satu tembakan ia kembali menggetarkan gawang tuan rumah.

City kembali menambah derita Villa di menit ke-28. Menerima umpan Kevin De Bruyne, Aguero melepaskan tembakan dari jarak jauh. Nyland berhasil menepisnya, namun bola tetap meluncur deras menuju gawang Villa.

Skor 3-0 untuk tim tamu, dan sejumlah suporter Villa memilih meninggalkan tribun, kecewa dengan penampilan tim kesayangannya.

Di masa injury time, Jesus mencatatkan namanya di papan skor setelah sontekannya memanfaatkan crossing De Bruyne tak mampu dihadang Nyland. Skor 4-0 untuk City menutup paruh pertama.

Unggul empat gol di babak pertama tak membuat City mengendurkan serangan di babak kedua. Di menit ke-57, City berhasil mencetak gol kelima. Meski dihadang dua pemain Villa, Aguero sukses melepaskan tembakan ke sudut kanan tanpa mampu ditepis Nyland.

Setelahnya, City tampak lebih santai, tapi tetap mendominasi laga. Di menit ke-64, tembakan David Silva berhasil dimentahkan Nyland. Jesus juga mendapat peluang tak lama kemudian, tapi tendangannya masih bisa disapu Tyrone Mings yang berada di garis gawang Villa.

Pada menit ke-81, barulah City kembali menambah pundi-pundi gol. Mendapat umpan Mahrez, Aguero kembali menyarangkan bola ke gawang dengan tendangan kaki kanannya, Villa, menaklukkan Nyland.

Sementara itu, Villa baru mendapat gol hiburan di menit ke-90. Mendapat penalti usai Trezeguet dilanggar oleh Ilkay Guendogan, El Ghazi yang menjadi eksekutor sukses menaklukkan kiper Manchester City, Ederson Moraes. Skor 6-1 untuk City menjadi penutup laga ini.dtc/ron