Bupati Ajak Maxwin Group Berinvestasi

Bupati Tanah Laut, H Sukamta saat melakukan pertemuan dengan pengusaha Maxwin Group di Jakarta guna menawarkan berinvestasi di Kabupaten Tanah Laut

PELAIHARI  –  Bupati Tanah Laut (Tala), H Sukamta bertekad mewujudkan Bumi Tuntung Pandang sebagai salah satu daerah perekonomian di Kalsel. Untuk mewujudkan ambisinya itu, Sukamta melakukan pertemuan dengan pengusaha Maxwin Group di Jakarta, Kamis (9/1) dan dalam pertemuan itu, Maxwin Group ingin berpartisipasi dalam membangun perekonomian di Kabupaten Tala dengan sistem sharing.

Sharing usaha ekonomi sendiri, salah satu model investasi yang baru. Dimana nantinya dilakukan nota  kesepahaman dengan pemerintah daerah. Kemudian pemerintah daerah melalui BUMD, bekerjasama dengan Maxwin Group, bersama – sama membangun holding sebagai pelaksana dan mengelola potensi – potensi ekonomi yang ada di Tala.

“Saya berharap, nanti putra daerah Tala juga punya kemampuan untuk mengelola potensi – potensi ekonomi yang ada dengan terlebih dahulu dibentuk PT sebagai anak perusahaan dari holding yang kita bentuk,” ujar Sukamta.

Untuk saat ini, lanjut Sukamta, masih dibahas MoU secara bersama – sama. Baru setelahnya dibuat nota kesepahaman dengan BUMD, ke depan bisa dibentuk holding. Menurutnya, potensi ekonomi utama yang bisa segera dilaksanakan adalah pada sektor peternakan yakni pengembangan industri ternak sapi, ayam dan telur itik.

“Ternak itik menurut data Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Tala, saat ini ada satu juta ekor, kalau 50 persen saja yang bertelur setiap hari, maka akan ada 500.000 telur per hari. Artinya dalam seminggu dapat menghasilkan 3.500.000 telur,” jelas bupati.

Oleh sebab itu, bupati sangat berharap putra daerah Tala memiliki kesiapan untuk menjadi pelaksana dan pengelola usaha. Terlebih lagi nantinya, holding akan menjembatani ekspor dan membuka pasar ke daerah lain sehingga putra daerah Tala tidak lagi kesulitan untuk pemasaran.

“Saya kira sekarang, kemampuan bisnis manajemennya saja yang harus dikembangkan putra daerah Tala. Artinya, merekalah nanti yang akan mengelola usaha peternakan dan sektor ekonomi lainnya bersama dengan masyarakat,” pungkasnya. can/ani