loader image

Setiap Dua Tahun Arsif BPKAD dipindahkan

Bupati Tanbu, H Sudian Noor berfoto bersama Habib Syech bin Abdul Qadir Assegaf disela Kalsel Bershalawat.

BATULICIN – BPKAD Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) memindahkan arsif ke gudang Arsif dilakukan setiap dua tahun, hal itu dilakukan meng­antisifasi ruangan kantor sehingga tidak penuh.

Menurut Aulia Farsihat, Bendara Pengeluaran BPKAD Tanah Bumbu, di Batulicin, belum lama tadi, perpindahan arsif dilakukan setiap dua tahun, dengan arsif khusus dari BPKAD ke gudang peng Arsifan BPKAD. Mengenai arsif setiap dinas atau SKPD itu masing masing memiliki. Sehingga apabila suatu saat saat diperlukan arsif memudahkan pencarian kembali.

“Saat ini yang dipindahkan arsif dari tahun 2017-2018, selanjutnya tahun 2019-2020 nanti akan dipindah­kan tahun 2021 seperti itu,” sebut Farin (sapaan akrab Bendahara pengeluaran BPKAD Tanbu) itu.

Sesuai arahan Dinas Perpustakan dan Arsif daerah, sebut Farin, guna lebih memudahkan pengarsifan. Berkas berkas yang dipindahkan kegudang pengarsifan dipilah dan dijadikan satu. Arsif yang lebih banyak di BPKAD tentunya banyak. Seperti arsif yang bertransaksi kegiatan baik surat keluar dan surat masuk. Hibah dan bantuan sosial.

“Dibagian bendara pengeluaran saja dalam satu item dalam satu tahun arsif bisa mencapai 3.000 hingga 4.000, belum item lainnya, sehingga perlu dilakukan pemindahan dilak­u­kan setiap perdua tahun,” jelasnya.

Dijelasnya, sebenarnya kegi­atan BPKAD tidak ada peru­bahan sesuai dengan perencanaan daerah. Nah yang lebih mem­perbanyak peng­arsifan terjadi pada transaksi keuangan baik hibah dan bantuan sosial maupun transaksi kegiatan BPKAD lainnya. rel/mz/ani