loader image

Mantapkan Keahlian, Kwarda Pramuka Kalsel Gelar Outbond

Rakit Bambu – Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Provinsi Kalsel, Hj Raudatul Jannah Sahbirin, SKM, MKes saat menaiki rakit bambu di kawasan wisata bamboo rafting Loksado, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS).

KANDANGAN – Kwartir Dae­rah (Kwarda) Gerakan Pramuka Pro­vinsi Kalimantan Selatan me­nggelar outbond untuk me­man­tap­kan keahlian dan ke­ber­sa­maan di Alam Roh 7, Loksado, Ka­bupaten Hulu Sungai Selatan (HSS).

Loksado merupakan tempat ya­ng tepat untuk mengadakan out­bond, selain memiliki ling­ku­ngan yang masih asri dan se­juk juga sebagai tempat edukasi (pen­didikan) yang pas untuk me­ngasah kemampuan di alam ter­buka.

Ketua Kwarda Gerakan Pra­mu­ka Provinsi Kalimantan Se­la­tan, Hj Raudatul Jannah Sah­bi­rin, SKM, MKes mengatakan, outbond kali ini berlangsung se­lama dua hari dari tanggal 11 hi­ngga 12 Januari 2020.

Jenis kegiatan edukasi diisi de­ngan berbagai macam games ke­kompakan hingga menyusuri Su­ngai Amandit menggunakan lan­ting dari bambu dan perahu ka­ret.

Dijelaskan, kegiatan ini rutin di­laksanakan tujuan untuk me­man­tapkan keahlian dan mem­u­puk kebersamaan, sikap pantang men­yerah, menumbuhkan rasa per­caya diri dan terciptanya se­mangat kerjasama serta yang ti­dak kalah penting adalah me­ni­ng­katkan kecintaan terhadap alam.

Menurutnya, kegiatan ini ju­ga sebagai ajang persiapan ka­re­na Kalimantan Selatan bakal men­jadi tuan rumah event na­si­onal yakni Kemah Bela Negara ya­ng digelar pada bulan Juni 2020.

Kemah Bela Negara itu sen­diri akan mempertemukan ge­ne­rasi muda Indonesia. Salah satu tu­juan penyelenggaraan kegiatan itu adalah untuk meningkatkan intensitas interaksi dan gotong-ro­yong di antara peserta.

Ada beberapa lokasi yang di­tawarkan Kwarda Gerakan Pra­muka Kalsel untuk menjadi ve­nue rangkaian kegiatan kemah be­la negara yang salah satunya ada­lah Loksado. “Kita menawarkan Loksado men­jadi salah satu tempat pen­ye­lenggaraan adalah untuk me­ng­enalkan potensi wisata,” ka­tanya.

Disampaikanya, bela negara bu­kan hanya mempertahankan NKRI tetapi juga dapat di­wu­jud­kan dengan tidak merusak ling­kungan, selain itu, para pe­serta nantinya juga akan ber­ga­bung dan membantu masyarakat untuk menyelesaikan pe­r­ma­sa­lah­an yang ada.

Rencananya pada Februari 2020, Kwarda Gerakan Pramuak Provinsi Kalsel akan mem­presentasikan dihadapan Kwarnas ter­kait kesiapan Kalsel menjadi tuan rumah Kemah Bela Negara. adm/pim/ani