Diklat Diharapkan Bentuk ASN Bermutu

Mengalungkan  – Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Setdaprov Kalsel, H Sugian Noorbah saat mengalungkan tanda peserta pada Diklat CPNS golongan II dan III se-Kalsel tahun 2020, di Banjarbaru

BANJARBARU – Gubernur Kalimantan Se­la­tan, H Sahbirin Noor mengharapkan melalui pen­didikan dan Pelatihan dasar calon pegawai ne­geri sipil (CPNS) akan mampu membentuk apa­ratur sipil negara (ASN) yang bermutu da­lam pelayanan publik.

“Saya berharap melalui Diklat CPNS ini akan mampu membentuk ASN yang bermutu da­lam memberikan pelayanan kepada publik,” tan­dasnya di Banjarbaru, Kamis (9/1).

Harapan Gubernur Kalsel seperti tertuang da­lam sambutan tertulis dibacakan Asisten Bi­dang Pemerintahan dan Kesra Setdaprov Kal­sel, H Sugian Noorbah pada Diklat CPNS go­longan II dan III angkatan 1-16 di Kampus II BPSDMD Kalsel di Banjarbaru.

Selain itu, kata Paman Birin (sapaan akrab Gu­bernur Kalsel) itu, pelatihan ini untuk mem­perdalam seluk beluk pe­me­rin­tahan, tugas dan ta­nggung jawab, hak dan ke­wajiban serta sikap dan perilaku seorang pe­ga­wai negeri.

Pelatihan ini juga menentukan kelayakan para CPNS sebelum disahkan nanti. Karena itu, Paman Birin berpesan bahwa karir PNS ditentukan oleh kemampuan dalam me­lak­sa­na­kan tugas. Dia juga mengingatkan agar tidak menyalahgunakan jabatan.

“Jangan sekalipun berpikir untuk me­ng­andalkan kedekatan dengan Gubernur, Bupati/Walikota atau pejabat-pejabat tertentu demi meraih karir yang cemerlang,” pesannya.

Saat ini pemerintah sedang melaksanakan upaya-upaya terukur untuk meningkatkan kinerja birokrasi, agar dapat bergerak cepat dan tepat.

Paman Birin ingin agar aparatur pe­merintah Kabupaten/Kota se Kalsel memiliki motivasi untuk menciptakan birokrasi yang cepat.

 “Pengangkatan PNS, untuk mewujudkan penyelenggaraan pemerintah yang lebih baik, cepat, profesional serta berorientasi pada peningkatan pelayanan,” sebut Paman Birin. adm/pim/ani