loader image

Bupati HST ajak masyarakat jaga kerukunan

SUBUH KELILING – Bupati HST bersama masyarakat saat mengikuti subuh keliling.(antara)

BARABAI – Subuh keliling (suling) yang dilaksanakan Bupati Hulu Sungai Tengah (HST) H A Chairansyah sudah memasuki Jumat ke 168, turut hadir dalam rombongan diantaranya Staf Ahli Bupati, Kepala SKPD, Kabag, Camat Limpasu, Danramil, Polsek, tokoh agama maupun masyarakat. Suling dilaksanakan di masjid Al Wustha Desa Karau Kecamatan Limpasu, Jum’at (10/01).

H A Chairansyah pada kesempatan bersilaturrahmi dengan masyarakat Desa Karau mengatakan, tujuan suatu pemerintahan tiada lain guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan berbagai program yang dicanangkan.

Beliau juga menginformasikan pada tahun 2020 ini akan memasuki tahun politik untuk pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur serta Bupati/Walikota termasuk wakilnya dan di HST pemilihan Pambakal serentak, Semoga dalam pelaksanaannya nanti pada tahun 2020 dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Disamping itu beliau berharap agar menjaga kerukunan antar warga sekaligus menjaga diri, anak, keluarga dan masyarakat agar terhindar dari narkoba yang pergerakannya begitu cepat.

Selanjutnya beliau mengatakan sekarang musim hujan, karenanya dirinya mengingatkan agar selalu waspada dan  menjaga terhadap bencana banjir, kebakaran dan bencana lainnya.

Pesan dalam tausiah yang disampaikan KH Nawawi Hasan, hidup dengan sempurna adalah dambaan setiap muslim. Hidup harus dalam keseimbangan antara kepentingan dunia dan akhirat.

Menurutnya, ada lima hal yang dapat menjadikan seseorang tetap sehat jasmani dan bugar rohani yaitu adalah menuntut ilmu baik belajar formal dan non formal, mengaji tauhid, fiqih, tasawuf, memperbanyak ibadah, makan makanan yg halal, harus bisa bersyukur serta bisa bersabar.

Sedangkan Kesehatan jasmani dilakukan dengan menjaga pola makan dan rajin berolahraga, membiasakan mengkonsumsi sayur dan buah. Kemudian secara berkala memeriksakan kondisi kesehatannya.

“Berikutnya membiasakan menjalin silaturahmi. Ini merupakan amalan yang penting agar dikaruniai segala kemudahan dan kelapangan rezeki. Menjalin silaturahmi juga membuat kita dianugerahi panjang umur. Ini pentingnya sehat rohani,” lanjut Ustadz.(an/mb03)