loader image

Modal Asing Masuk Sudah Tembus Rp 10 T

JAKARTA – Bank Indonesia (BI) men­catat aliran modal asing yang ma­suk ke Indonesia pada awal Ja­nu­ari 2020 mencapai Rp 10,1 tri­liun.

Gubernur BI Perry War­jiyo menjelaskan de­ras­nya modal asing ini te­rjadi karena ke­per­ca­ya­an investor terhadap pa­sar masih tinggi.  “Pada awal Januari 2020 ada inflow portofolio jum­lahnya Rp 10,1 triliun,” kata Perry di Gedung BI, Jakarta, Jumat.

Dia menjelaskan aliran modal masuk ini terdiri dari Surat Ber­harga Negara (SBN) sebesar Rp10 triliun dan melalui pasar sa­ham sebesar Rp 1,3 triliun.

Perry menambahkan, angka Credit Default Swap (CDS) In­do­nesia masih dalam batas rendah pada level 61,3 basis poin (bps) sehingga bakal meningkatkan kepercayaan pasar terhadap In­donesia.

“Mudah-mudahan inflow ini akan memperkuat stabilitas ek­sternal dan juga neraca perdagangan Indonesia pada triwulan I,” ujar Perry.

Dia mengharapkan tingginya aliran modal masuk dapat men­jaga stabilitas fundamental ekonomi sehingga menopang per­tum­buhan ekonomi Indonesia hingga akhir tahun. dtc/mb06