loader image

Hati-Hati Liverpool, Mourinho Senang Merusak Momen Kalian!

Diwanti-wanti – Liverpool diwanti-wanti dengan Jose Mourinho jelang lawan Tottenham Hotspur. Foto: Julian Finney/Getty Images

Jakarta – Liverpool akan diuji Tottenham Hotspur di Liga Inggris akhir pekan ini. ‘Si Merah’ diwanti-wanti soal berbahayanya Jose Mourinho, peracik taktik Tottenham.

Liverpool melawat ke Tottenham Hotspur Stadium, Minggu (12/1/2020) dini hari WIB pada lanjutan pekan ke-22 Liga Inggris. Kendati tengah mencoba menemukan stabilitas di bawah Mourinho, Tottenham dinilai tetap punya kemampuan untuk melukai Liverpool.

Sejak ditangani Jose Mourinho mulai 20 November tahun lalu, Tottenham masih naik-turun. Di Liga Inggris, sembilan pertandingan dilalui dengan hasil lima kemenangan, sekali imbang, dan tiga kali kalah. Dua partai liga terakhir gagal dimenangi Lilywhites: berimbang dengan Norwich City dan kalah dari Southampton.

Tapi melihat sosok Mourinho di kursi juru taktik Tottenham, Liverpool layak sangat waspada. Mourinho punya riwayat perselisihan yang cukup panjang dengan Liverpool.

Ia adalah manajer Chelsea yang disingkirkan Liverpool di semifinal Liga Champions 2004/2005 lewat gol hantu Luis Garcia. Mourinho membalas luka itu dengan kemenangan bersama Chelsea di Anfield pada musim 2013/2014, dengan terpelesetnya Steven Gerrard jadi momen ikonik, yang praktis menggagalkan Liverpool juara Liga Inggris.

Mourinho juga pada awal musim ini, sebelum ditunjuk menangani Tottenham, menyoroti bagaimana Liverpool kesulitan melawan tim-tim dengan pertahanan blok rendah salah satunya saat melawan Manchester United. Man United adalah satu-satunya tim pada musim ini yang bisa meredam Liverpool dan memaksa hasil imbang.

Pernyataan Mourinho bisa menjadi indikasi bagaimana pendekatan Tottenham di pertandingan akhir pekan nanti. Tapi apapun itu, bek legendaris Liverpool Phil Thompson mengingatkan pasukan Juergen Klopp untuk waspada betul dengan Mourinho.

“Jose tak lebih menyukai sesuatu ketimbang membuat kecewa Liverpool, fans Liverpool. Ini akan jadi kesempatan lain untuknya,” ungkap Thompson dikutip Sky Sports.

“Saya rasa ini adalah salah satu dari hal yang disimpannya jauh dalam hati, dia akan sangat senang jika bisa me­nangani Liverpool maka jika berkaitan dengan laga melawan kami, dia ingin mengalahkan kami. Dia melakukan usaha terbaiknya untuk menaklukkan kami.”

“Dia akan punya kesempatan lain untuk melakukannya akhir pekan ini. Apa yang akan dia lakukan? Bagaimana dia akan me­nu­runkan timnya? Apakah dia sudah punya para pemain untuk bermain dengan pertahanan dalam? Apakah dia punya pemain-pemain untuk tampil menyerang?”

“Spurs yang ini diharapkan memenangi pertandingan-pertandingan dengan cara bermain spesifik. Tapi terkadang Jose akan lebih memilih untuk bermain menungggu dan memukul lewat serangan balik, dan tampil dengan pertahanan blok rendah,” ujarnya.dtc/ron