loader image

Relawan PMI Ikuti Pelatihan RAR

Para relawan diajari cara pertolongan kecelakaan di jalan raya

TANJUNG – Sabtu (4/1) lalu,Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tabalong mengadakan pelatihan Road Accident Rescue (RAR) di kantor PMI setempat.

Kegiatan ini dilaksanakan mengingat masih banyaknya relawan yang belum mengetahui mekanisme kerja dan peralatan yang digunakan untuk pertolongan pada kecelakaan dijalan raya (Road Accident Rescue).

Ada 20 peserta yang ambil bagian dalam pelatihan RAR guna meningkatkan kapasitasnya sebagai petugas pertolongan pertama. Mereka berasal dari berbagai kalangan di antaranya tenaga pendidik, kesehatan, karyawan swasta dan mahasiswa.

Komandan Tenaga Suka Rela (TSR), Al Padlianoor, mengatakan kegiatan yang mereka gelar bertujuan untuk memperkuat ilmu pertolongan pertama para relawan yang baru.

Peserta ini merupakan relawan baru yang sudah mengikuti diklat pada tahun kemarin, jadi disini kita perkuat lagi materi ilmu pertolongan pertamanya dan di tambah dengan materi pertolongan insiden di jalan raya (RAR), karena kebetulan di Tabalong ini banyak kejadian – kejadian yang berkaitan di jalan raya.

Materi yang disampaikan pada pelatihan kali ada tiga yakni Medical First Response, Road Accident Rescue (RAR) Basic dan Packing Patient.

Selain menyampaikan materi kita juga melakukan praktek bagaimana melakukan pertolongan yang berkaitan dengan insiden di jalan raya, kebetulan peralatan sementara sudah cukup lengkap untuk materi kali ini.

“Sementara ini kita perkuat internal dulu, nanti kalo sudah siap insyaallah pertengahan tahun akan mengadakan latihan gabungan” jelas Padli.

Ditambahkan,dalam kegiatan ini para peserta diharapkan dapat bersikap profesional dalam melakukan tindakan pertolongan – pertolongan.

Kedepan pihaknya juga berencana akan membuat posko ambulan 24 jam di wilayah Tabalong. “Kita berharap dengan tim yang ada ini nanti mampu mengisi tim yang akan bertugas di posko itu” harap Padli.ain.