loader image

Sangga Longsor Camat Banua Lawas Tanam Bibit Bambu

TANJUNG – Sebagai upaya mencegah terjadinya longsor di bantaran sungai, puluhan masyarakat Banua Lawas melakukan penanaman ribuan bibit bambu di sepanjang sungai di Kecamatan Banua Lawas, Sabtu (4/1).

Ada 1.169 bibit bambu yang di tanam di tiga desa, yaitu Desa Hapalah,Bengkiling Raya dan Desa Bengkiling, semuanya berada di Kecamatan Banua Lawas.

Selain itu, 106 bibit bambu juga disiapkan untuk mengantisipasi kalau ada bibit yang mati, dan langsung diganti.

Penanaman dipimpin langsung Camat Banua Lawas, H Zainudin, bersama Kapolsek serta Danramil Banua Lawas beserta jajarannya.

Saat di konfirmasi  Camat Zainudin mengatakan, tujuan ditanamnya bibit-bibit bambu tersebut selain untuk mencegah terjadinya longsor di sungai di Banua Lawas, juga bambu- bambu itu nantinya bisa digunakan warga untuk membuat kerajinan anyaman seperti nyiru dan lainnya.

Apalagi warga Desa Batang Banyu, Bengkiling dan lainnya terkenal dengan kerajinan menggunakan bahan baku bambu.

Penanaman bibit bambu ini dilakukan di sepanjang desa Hapalah, Bengkiling dan Bengkiling Raya, di seberang menyeberang sungai.

” Kita berharap bibit-bibit bambu yang sudah ditanam ini bisa dipelihara warga sehingga bisa tumbuh subur,” pesan Zainudin.

Ditambahkan, bibit bambu ini merupakan bantuan dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Tabalong. Sebagai upaya penghijauan dan juga mengantisipasi terjadinya longsor.

” Kami ucapkan terima kasih kepada warga yang berpartisipasi terhadap penanaman bibit bambu ini,hal yang sama juga kami ucapkan kepada DLH Tabalong, semoga ini berguna bagi masyarakat kita,” kata Zainudin.ain.