loader image

Lawan Stunting Dengan Delapan Aksi Konvergensi

TURUNKAN ANGKA STUNTING – Rembuk stunting dalam rangka percepatan penurunan angka stunting melalui 8 aksi konvergensi di Aula Benteng Tundakan.ist

PARINGIN – Pemkab Balangan ada­kan rembuk stunting dalam ra­ngka percepatan penurunan ang­ka stunting melalui 8 aksi kon­ver­gensi di Aula Benteng Tunda­kan, belum lama ini.

Bupati Balangan, An­sha­rud­din dalam sambutannya yang di­ba­cakan oleh asisten 1 bidang pe­merintah dan kesejahteraan rak­yat setda Balangan Gunawan me­ng­atakan, kondisi di Balangan ber­dasarkan data yang di­sam­pai­kan yaitu dari 12 puskesmas di 8 kecamatan pada tahun 2018 ma­sih 34,4% balita yang me­ng­a­lami stunting.

“Hal tersebut masih jauh dari tar­get nasional yang menetapkan agar angka stunting dapat di­tu­run­kan hingga 28% pada akhir ta­hun 2019,” tegasnya.

Lanjutnya, dari data tersebut dan pemahaman tentang pen­ti­ng­nya SDM masa depan yang ber­ku­a­litas. Maka sudah tergambar ha­rus sesuai dan seintensif, apa usa­ha yang dilakukan untuk m­e­ng­atasi permasalahan tingginya ang­ka stunting di daerah kita.

Salah satu narasumber, Didy Ari­ady yang juga menjabat se­ba­gai Kasi Kesga dan Gizi Dinas Ke­se­hatan Provinsi Kalimantan Se­latan mengatakan kegiatan ini me­ru­pakan kegiatan penting, dan ini merupakan prestasi dari pem­kab Balangan sebagai kabupaten yang non lokus.

Didy mengharapkan dengan ada­nya rembuk stunting ini, mu­dah-mudahan semua lintas sek­to­ral baik yang tergabung di da­lam tim atau kelompok kerja kon­fergensi percepatan bagian stun­ting di kabupaten Balangan da­pat bersinergi untuk mencegah per­cepatan stunting yang ada di ka­bu­paten Balangan. sa/mb03