loader image

Pejabat Eselon II Harus Miliki Kepekaan dan Kemampuan Adaptasi

Sertifikat – Sekdaprov Kalsel, H Abdul Haris saat menyerahkan sertifikat Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) tingkat II di BPSDMD Provinsi Kalsel, di Banjarbaru.

BANJARBARU – Gubernur Ka­li­mantan Selatan, H Sahbirin Noor mengharapkan pejabat pim­pinan tinggi pratama (eselon II) harus memiliki kepekaan dan ke­mam­puan adaptasi dengan peru­bahan lingkungan strategis.

“Saya berharap pejabat pim­pinan tinggi pratama (eselon II) hen­daknya mampu men­ter­je­mah­kan visi dan misi kepala dae­rah serta mengaplikasikan se­su­ai target dan program-program dae­rah,” tandasnya di Ban­jar­baru, Senin (9/12).

Hapapan Gubernur Kalsel itu seperti tertuang dalam sam­but­an tertulis dibacakan Sek­da­prov Kalsel, H Abdul Haris pa­da pelepasan peserta Pelatihan Ke­pemimpinan Nasional (PKN) Ting­kat II, di aula BPSDMD Pro­vinsi Kalsel di Banjarbaru.

Selain itu, kata Paman Birin (sa­paan akrabnya), pejabat pim­pinan tinggi pratama yang ber­ku­alitas itu ditandai dengan ke­mam­puan mengoptimalkan po­tensi dan sumber daya untuk me­wujudkan kinerja yang inova­tif, efektif dan efisien.

Sekdaprov Kalsel, H Abdul Ha­ris menambahkan, bahwa pe­jabat eselon II saat ini harus ber­pikir besar dan berani me­la­ku­kan perubahan besar sekarang.

Prestasi yang dibawa 51 lu­lusan PKN Tingkat II yang be­ra­sal tidak hanya dari Kalsel, na­mun juga dari luar Kalsel ini di­ha­rapkan dapat terus dilanjutkan se­lama menjadi pimpinan di­or­ga­nisasinya masing-masing.

Berdasarkan penilaian BPSDMD dan Deputi Bidang Pen­yelenggaraan Pengembangan Kom­petensi Lembaga Ad­mi­n­stra­si Negara RI, DR Basseng MEd ada lima terbaik lulusan PKN Tingkat II yakni peringkat 1 Pejabat Pimpinan Tinggi Pra­ta­ma dari Kabupaten Hulu Sungai Te­ngah. Kedua, Kepala Dinas Ke­se­hatan Provinsi Kalsel, DR HM Muslim menduduki melalui pro­yek perubahannya Strategi Pe­ng­endalian Kejadian Luar Biasa (KLB) dan Krisis Kesehatan Ber­basis Kolaborasi di Kalsel.

Ketiga, Kepala Biro Umum Set­daprov Kalsel, Muhammad Rus­li, untuk proyek perubahan Si­parasrupa (Sistem Pengelolaan Pra­sarana gedung dan ruang ra­pat di lingkungan Setdaprov Kal­sel), sedangkan keempat dari Ka­bu­paten Tanah Bumbu dan ke­lima Kota Banjarbaru.

Pelatihan Kepemimpinan Na­si­onal Tingkat II (PKN Ting­kat II) Angkatan ke-26 Tahun 2019 kerjasama BPSDMD de­ng­an Lembaga Administrasi Ne­ga­ra (LAN) RI. dev/ani