loader image

Mantan Kades Lok Batu Sempat Jadi Buron

ROMPI – Ruspandi (rompi orange) mantan Kades Lok Batu yang terjerat kasus dugaan korupsi dana desa mau memasuki ruang sidang. mb/ist

BANJARMASIN – Ruspandi mantan Kades Lok Batu Kecamatan Batu Mandi Kabupaten Balangan yang terjerat kasus dugaan korupsi dana desa mulai menjalani proses persidangan di Pe­nga­dilan Tipikor Ban­jar­ma­sin,Kamis (12/12).

Sidang perdana agenda pembacaan dakwaan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Marjuddin SH, dengan majelis hakim Afandi W SH.

Pada sidang perdana terdakwa tidak didampingi penasehat hukum dan JPU dalam dakwaannya menjerat terdakwa dengan pasal 2 atau 3 jo 18 UURI No 31 tahun 1999, tentang pemberantasan korupsi sebagaimana diubah dan ditambah pada UU No 20 tahun 2001, tentang pem­be­ran­tasan tindak pidana korupsi.

Sebelumnya diberitakan berkas perkara dugaan korupsi dana desa di Lok Batu Kecamatan Batumandi Ka­bu­pa­ten Balangan,  telah di­lim­pah­kan ke Pengadilan Tipikor Banjarmasin.

Berkas langsung diserahkan MP Samudera SH, jaksa dari Kejari Balangan kepada Panitera Muda Tipikor Syarifuddin. Dijelaskan Kasi Pidsus Kejari Balangan Marjudin Djafar SH, bahwa berkas perkara dugaan korupsi dana desa yang baru pihaknya limpahkan merupakan pe­nyi­di­kan di tahun 2018.

“Tersangkanya mantan Kades Lok Batu atas nama Ruspandi yang sempat borun,”ucap Marjudin. Menurut Marjudin, dikarenakan berkasnya sudah lengkap makanya  limpahkan ke Pengadilan Tipikor untuk segera disidangkan.

“Untuk kasus dugaan korupsi yang kita tangani ini anggaran tahun  2015 hingga 2016,namun penyidikan dilakukan tahun 2018,”katanya Lanjutnya pada saat penyidik dan penetapan tersangka, tersangka sempat melarikan diri dan menjadi borunan.

Berkat kegigihan penyidik, tersangka akhir ditemukan di daerah Kutai Kartanegara Kaltim. “Kini tersangka kita titipkan  Lapas kelas IA Banjarmasin atas  perintah Kajari Balangan, Khaidir, SH MH  sesuai Surat Perintah Penahanan tingkat Penuntutan,”ungkap Marjudin.

Kasus yang menjerat tersangka Ruspandi ini bermula ketika tahun 2016, Desa Lok Batu, Kecamatan Batumandi, Kabupaten Balangan, Ka­li­man­tan Selatan, menerima alokasi anggaran sebesar Rp­1.­135.­091.000 yang bersumber dari Dana Desa, Alokasi Dana Desa dan Bagi Hasil Retribusi Pajak.ris