Dinkes Tapin Gelar Bintek Asmantoga dan Akupressure

ASUHAN MANDIRI – Bimtek Kelompok Asuhan Mandiri Kesehatan Tradisional Kelompok Asman Toga dan Akupresure yang digelar Dinas Kesehatan Kab.Tapin. mb/herman

RANTAU,- Dalam rangka peningkatan kualitas kesehatan masyarakat, Dinas Kesehatan Kab.Tapin melalui Bidang Pelayanan Kesehatan dan Sumber Daya Kesehatan menggelar Bimtek Kelompok Asuhan Mandiri Kesehatan Tradisional Kelompok Asman Toga dan Akupresure, bertempat di Hotel Tapin, belum lama tadi.

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan dan Sumber Daya Kesehatan Dinkes Tapin Juanda Arianto SKM MM mengatakan dilaksanakannya Bintek Kelompok Asuhan Mandiri Kesehatan Tradisional Kelompok Asman Toga dan Akupresure dalam rangka peningkatan kapasitas upaya kesehatan tradisional.

Bimtek menghadirkan TP PKK Kabupaten, TP PKK Kecamatan dan PKK desa. Dimana Bintek sekaligua untuk memantapkan kelompok asuhan mandiri tanaman obat keluarga dan akupressure di Kab.Tapin

Asmantoga dan akupresure  sebagai upaya pemberdayaan masyarakat dalam upaya peningkatan kesehatan yang salah satunya adalah kita mengembangkan kelompok asmantoga yang bekerjasama dengan SOPD terkait.

Tujuan Bintek sendiri untuk menambah pengetahuan para peserta dalam pengelolaan kelompok Asmantoga dan Akupressure dalam rangka meningkatkan pelayanan kesehatan tradisional di Puskesmas.

Serta untuk menyamakan persepsi terhadap pengelolaan Asman Toga sekaligus dalam rangka kita mempersiapkan penilaian Asman toga ditingkat Kabupaten, Provinsi dan tingkat nasional nantinya.

Berharap bersama Pokja TP PKK dan kelompok Asmantoga dapat bersinergi dalam upaya peningkatan kesehatan keluarga. Bintek sendiri dibuka secara resmi oleh Kadis Kesehatan Dr H Alfian Yusuf dan dihadiri  nara sumber dari TP PKK Kab.­Tapin, Dinkes Kab.Tapin dan Dinkes Provinsi Kalsel.” kata Juanda Arianto kepada awak media.her/mb03