Polisi Amankan Orgil Mengamuk di Pertokoan Terminal Induk KM6

Kanit Reskrim Polsek Banjarmasin Timur, Iptu H Timur Yono SH bersama buser usai menciduk pria diduga penderita kejiwaan. (ist)

BANJARMASIN – Baser Reskrim di pimpin Kepala Unit (Kanit), Polsek Banjarmasin Timur, Iptu H Timur Yono SH terpaksa menciduk seorang pria yang diduga mengidap sakt jiwa, yang melakukan pengrusakan fasilitas milik pemerintah yang juga membahayakan ketertiban umum, di wilkum setempat.

Orang gila tersebut Abdul Basir (50), pendatang asal Probolinggo, Jawa Timur,    “Kita terpaksa menciduk seorang pria paruh baya, yang mengaku bernama Abdul Basir pendatang dari Probolinggo, Jatim,” kata Timur Yono. Orgil ini kejiwaannya kambuh kemudian mengamuk.

 “Banyak kaca pada lantai tiga bangunan pertokoan milik pemerintah, meski pun tidak terpakai, yang berdiri di Jalan A Yani KM6, atau tepatnya di Terminal Induk, Minggu, (8/12) Tahun 2019 dini hari sekitar pukul 01.30 Wita.

Tingkahnya orgil ini juga sempat membuat pejalan kaki atau pun pengendara yang melintas di kawasan Terminal Induk terpaksa melindungi diri, karena orgil tersebut melemparkan beling itu ke arah jalanraya.

Kapolsek Banjarmasin Timur Kompol HM Uskiansyah SE MM, di konfirmasi melalui Kanit Reskrim Iptu H Timur Yono SE MM di konfirmasi membenarkan, “Benar dini hari diamankan seorang pria diduga sakit jiwa (gila) mengamuk,” kata H Timur Yono.

Dalam penindakan pun petugas harus ekstra hati – hati, dimana pria orgil ini melemparkan beling kepada siapa saja yang mendekat termasuk polisi, “Kita gunakan helem pengaman untuk menghindari pecahan beling dari lemparan orgil ini, kepada mereka yang mendekatinya,” ucap Timur Yono.

Untuknya polisi banyak akal dalam menghadapi situsai sesulit apa pun, “Kita kepung dia, waktu dia terpojok di sudut bangunan, kemudian diamankan bersama – sama dengan warga sekitar, seterusnya diamankan sementara, di mako Polsek Banjarmasin Timur,” tuturnya.

Dilihat dari prilaku nyeleneh pria ini, kuat dugaan pria ini kejiwaan kurang dari pria kebanyakan, “Saat kita tanya nama dan alamat tinggal saja, pria paruh baya ini jawabannya nyeleneh, ngakunya bernama Abdul Basir asal Probolinggo,” katanya Timur Yono.

Pihak berwajib juga meminta kepada masyarakat Banjarmasin, atau siapa pun pamilynya yang kenal dengan pria ini, untuk segera ke mako Polsek Banjarmasin Timur,” pinta H Timur Yono.

Lanjutnya lagi untuk mencegah hal yang tidak diinginkan terjadi kepada pria ini atau keamanan warga, pria ini diamankan di Mako Polsek Banjaramsin Timur, “Bila tidak ada keluarga atau kerabat, kita akan kirim pria ini ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Sambang Lihum, Kabupaten Banjar,” jelas Iptu H Timur Yono SH. sam/mb05