Wawali Buka Jambore Kader Posyandu

SAMBUT – Para kader posyandu menyambut kedatangan Wakil Wali Kota Banjarbaru H Darmawan Jaya Setiawan dan Wakil Ketua I TP PKK Kota Banjarbaru Hj Eny Apriyati Darmawan Jaya  di Taman Hutan Pinus Kelurahan Mentaos Banjarbaru Utara. mb/ist

BANJARBARU – Wakil Wali (Wawali) Kota Banjarbaru H Darmawan Jaya Setiawan membuka Jambore Kader Posyandu Tingkat Kota Ba­n­jar­baru Tahun 2019.

Wawali didampingi Wakil Ketua I TP PKK Kota Ban­jar­baru Hj Eny Apriyati Darma­wan Jaya, dalam acara yang diadakan di Taman Hutan Pinus Kelurahan Mentaos Kecamatan Banjarbaru Utara Kota Banjarbaru, Rabu (4/12).

Turut hadir, Plt Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas Dalduk KB PMP dan PA, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banjarbaru, camat, lurah, ketua TP PKK kecamatan dan kelu­rahan, serta kepala puskesmas se-Kota Banjarbaru, dan undangan lainnya.

Panitia Jambore Kader Posyandu Tingkat Kota Ban­jar­baru Tahun 2019 Hj Rita Fitriani SKM MPh menutur­kan, bahwa dasar dari kegiatan untuk melaksanakan Jambore Kader Posyandu adalah agenda kegiatan proram promosi kese­hatan dan pemberdayaan masya­rakat tingkat Kota Banjarbaru tahun 2019.

Berdasarkan DP SKPD Dinas Kesehatan Kota Banjarbaru Program Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat, pada kegiatan pengembangan media promosi dan informasi sadar hidup sehat tahun 2019.

Tujuan dari pelaksanaan jambore kali ini adalah sebagai ajang tukar-menukar atau sharing informasi di bidang kesehatan, khususnya tentang pelaksanaan posyandu di wilayahnya masing masing.

Untuk mengetahui kualitas kinerja kader pelaksana posyandu Kota Banjarbaru dari sisi penge­tahuan dan keterampilannya, dalam tugas sebagai kader posyandu.

Dan, memberikan wadah bagi kader posyandu untuk mengembangkan kemampuan dan kreativitas dirinya dalam kegiatan jambore kader kali ini.

“Yang terpenting sebagai ajang silaturahim untuk kader-kader yang terpilih untuk meng­ikuti jambore kader, peserta jambore kader kali ini berjumlah 200rang,” ujarnya.

HADIAH – Wakil Wali Kota Banjarbaru H Darmawan Jaya Setiawan didampingi isteri, yang juga Wakil Ketua I TP PKK Kota Banjarbaru Hj Eny Apriyati Darmawan Jaya Setiawan menyerahkan hadiah kepada kader posyandu yang berprestasi. mb/ist

Adapun kader yang dipilih adalah perwakilan dari masing-masing wilayah puskesmas. Ada sepuluh puskesmas sebagai pembina diwilayahnya, yang memanggil 20 kader untuk mengikuti acara ini.

“Kami mengutamakan kader yang belum pernah mengikuti kegiatan jambore kader posyandu sebelumnya, baik tingkat kota maupun tingkat provinsi,” ujarnya.

Wakil Wali Kota Banjarbaru H Darmawan Jaya Setiawan mengajak seluruh kader pos­yandu dan petugas kesehatan lainnya, melalui jambore ini untuk meningkatkan kinerja sebagai garda terdepan, dalam membantu meningkatkan kualitas kesehatan ibu dan anak.

“Satukanlah tekad dan rapat­kan barisan, karena hanya dengan kerja keras, kerja ikhlas, dan kerja cerdas, serta keber­samaan dan program terencana, kader posyandu benar-benar menjadi garda terdepan dalam mendampingi dan menjaga kesehatan ibu dan anak di daerah tugas masing-masing,” ujarnya.

Jambore Kader Posyandu ini sebutnya, untuk menambah dan berbagi ilmu sesama kade posyandu. Dengan kegiatan ini, kader yang merupakan mitra pemerintah bisa melahirkan generasi penerus bangsa. Kegia­tan ini dilaksanakan dari dan untuk masyarakat.

Menurutnya, peran dari kader posyandu sangat penting untuk pencegahan stunting, karena dalam kegiatan ini ada sosialisasi dan penyuluhan. Kasus stunting saat ini mengan­cam generasi penerus, sehingga patut menjadi perhatian serius bagi semua pihak.

Untuk itu, kader posyandu diharapkan bisa terus bersinergi dengan pihak terkait lainnya, agar dapat secara intensif melakukan penyuluhan akan pentingnya gizi seimbang.

Jambore ini juga relevan dengan salah satu misi Peme­rintah Kota Banjarbaru yang sedang dijalankan, yakni mewujudkan sumber daya manusia yang terdidik, sehat, dan berdaya saing. Karena, kesehatan merupakan modal utama pembangunan. dio