Tanbu Sosialisasi Pengadaan Barang Dan Jasa

Sekdakab Tanbu, H Rooswandi Salem saat membacakan sambutan tertulis Bupati Tanbu, H Sudian Noor pada pembukaan sosialisasi pengadaan barang dan jasa

BATULICIN – Sekretaris Daerah kabupaten (Sekdakab) Tanah Bumbu (Tanbu), H Rooswandi Salem membuka sosialisasi pengadaan Barang dan Jasa Tahun 2019, Selasa (03/12) bertempat di Ruang Rapat Bersujud Kantor Bupati Tanbu.

Sosialisasi dilaksanakan oleh Bagian Pengadaan Barang dan Jasa (BPBJ) Sekretariat Daerah Tanbu. Peserta sosialisasi terdiri dari pimpinan SKPD Pemkab Tanbu dan pejabat terkait di lingkup Pemkab Tanbu.

Bupati Tanbu, H Sudian Noor dalam sambutan tertulis dibacakan, Sekda Tanbu, H Rooswandi Salem menyambut baik sosialisasi pengadaan barang dan jasa, karena mempunyai peranan yang penting dan strategis dalam pelaksanaan pembangunan nasional dan daerah dalam rangka meningkatkan pelayanan publik dan peningkatan perekonomian di Tanah Bumbu.

Kepada para peserta sosialisasi, bupati berpesan agar mengikuti sosialisasi dengan sebaik-baiknya sehingga nantinya dapat dipahami dan diimplementasikan di unit kerja masing-masing sesuai dengan peraturan yang berlaku guna mewujudkan pengadaan barang dan jasa yang profesional, mudah dan transparan di Tanbu.

Terkait pengadaan barang dan jasa ini, mengacu pada Surat Edaran Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah RI Nomor 2 Tahun 2019 tentang percepatan pelaksanaan pengadaan barang dan jasa pemerintah.

Dalam surat edaran itu dimaksudkan untuk mendorong percepatan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (PBJP) melalui implementasi penyusunan, pengumuman dan pelaksanaan RUP serta percepatan digitalisasi proses PBJP dan pencatatan atas hasil pengadaan barang dan jasa.

Pada surat edaran tersebut juga terdapat hal-hal lain yang perlu dipertimbangkan dalam proses pengadaan barang dan jasa pemerintah, antara lain pembelian secara e-purchasing harus mempertimbangkan pemerataan ekonomi, memberikan kesempatan kepada pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dan pelaku usaha lokal serta mengutamakan barang dan jasa produk dalam negeri. rel/mz/ani