Rumpin Tunas Harapan HSU curi perhatian P2RPN

PENGHARGAAN – Ketua P2RPN Hj. Hj Murti Widodo menyerahkan penghargaan video promosi Rumah pintar terbaik kepada Ketua PKK Kabupaten HSU sekaligus Pembina Rumpin Tunas Harapan Amunta, di Surabaya.(antara)

AMUNTAI – Rumah pintar Tunas Harapan di Kabupaten Hulu Sungai Utara sukses mencuri perhatian perkumpulan pengelola rumah pintar nasional (P2RPN) yang menyaksikan keunggulan rumah pintar paling aktif di Kalimantan Selatan ini melalui tayangan video promosi/sosialisasi.

Maka video promosi/sosialisasi rumah pintar Tunas Harapan Amuntai Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) dinobatkan video promosi rumpin terbaik se Indonesia.

Penghargaan atas produksi video mengenai rumah pintar (rumpin) ini diserahkan langsung oleh Ketua P2RPN Hj Murti Widodo kepada Ketua PKK Kabupaten HSU Hj Anisah Rasyidah Wahid selaku pembina rumah pintar pada penutupan Rakornas P2RPN di Surabaya, kemarin.

“Kita bersyukur atas jerih payah dan peran serta semua pihak dalam memajukan rumah pintar mendapat apresiasi dari perkumpulan pembina rumpin Nasional semoga ini menjadi motivasi kita dalam meningkatkan dunia pendidikan didaerah,” ujar Anisah di Surabaya.

Anisah yang hadir di rakornas P2RPN didampingi Kepala Rumpin Tunas Harapan Kabupaten HSU Hj Lailatanur Raudah memaparkan berbagai kemajuan yang telah dicapai untuk pengoperasionalan rumpin di HSU sehingga menjadi rumpin percontohan di Kalimantan Selatan.

Lailatanur menyampaikan, pada rakornas P2RPN yang dilaksanakan Wisma Perwira Lanudal Juanda Puspenerbal Sidoarjo Jawa Timur ini membahas berbagai agenda diantaranya kebijakan pemerintah dalam pengelolan rumpin sebagai satuan pendidikan non formal.

Pemerintah, kata Lailatanur mengharapkan pengelolaan rebranding rumpin melalui kegiatan inovatif dan marketable. “Pengembangan rumah pintar juga diupayakan melalui market place, UKM melalui on line,” terangnya.

Untuk memberikan contoh kepada peserta yang terdiri dari pengelola rumpin se Indonesia dilakukan kunjungan ke rumpin yang sudah menerapkan upaya ini.

“Salah satu hal yang sangat menarik disela.kegiatan rakornas kemaren yakni  kunjungan ke rumah pintar Cakra Cendekia dimana mereka memiliki berbaga banyak sekali sentra pendidikan,” terang Lailatanur.

Rakornas P2RPN yang berlangsung 28 -30 Nopember lalu dibuka langsung oleh Kepala Puspenerbal Jatim diikuti para peserta dari kepala Rumpin se Indonesia.

“Khusus untuk pembina Rumpin HSU Ibu Anisah diundang langsung oleh pihak P2RPN untuk menghadiri rakornas karena sekaligus menerima penghargaan video terbaik ini,” pungkasnya.(an/suf/mb03)