Berkas Mantan Kades Lok Batu Masuk Tipikor

SERAHKAN – MP Samudera SH Jaksa dari Kejari Balangan menyerahkan berkas perkara dana desa Lok Batu Batumandi Balangan kepada Panmud Tipikor Syarifuddin SH. mb/adi

BANJARMASIN – Berkas perkara dugaan korupsi dana desa di Lok Batu Kecamatan Batumandi Kabupaten Ba­la­ngan,  telah dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor Ba­n­jar­masin, Senin (2/12) lusa. Berkas langsung di­se­rah­kan MP Samudera SH, jaksa dari Kejari Balangan kepada Panitera Muda Tipikor Syarifuddin.

Dijelaskan Kasi Pidsus Kejari Balangan Marjudin Djafar SH, bahwa berkas perkara dugaan korupsi dana desa yang baru pihaknya limpahkan merupakan penyidikan di tahun 2018.

“Tersangkanya mantan Kades Lok Batu atas nama Ruspandi yang sempat borun,”ucap Marjudin. Menurut Marjudin, dikarenakan berkasnya sudah lengkap makanya  limpahkan ke Pengadilan Tipikor untuk segera disidangkan.

“Untuk kasus dugaan korupsi yang kita tangani ini anggaran tahun  tahun 2016,namun penyidikan dilakukan tahun 2018,”katanya

Lanjutnya pada saat penyidik dan penetapan tersangka, tersangka sempat melarikan diri dan menjadi borunan. Berkat kegigihan penyidik, tersangka akhir ditemukan di daerah Kutai Kartanegara Kaltim.

“Kini tersangka kita titipkan  Lapas kelas IIA Banjarmasin atas  perintah Kajari Balangan, Khaidir, SH MH  sesuai Surat Perintah Penahanan tingkat Pe­nun­tu­tan,”ungkap Marjudin.

Diiutarakan kasus yang menjerat tersangka Ruspandi ini bermula ketika tahun 2016, Desa Lok Batu, Kecamatan Batumandi, Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan, menerima alokasi anggaran sebesar Rp1.135.091.000 yang bersumber dari Dana Desa, Alokasi Dana Desa dan Bagi Hasil Retribusi Pajak.

“Dari anggaran tersebut, terdapat 6 item kegiatan yang tidak dilaksanakan oleh tersangka namun telah dicairkan untuk kepentingan pribadi. Yang menyebabkan adanya kerugian keuangan negara sesuai audit BPKP Propinsi Kalsel total sebesar Rp284.500.000,”papar Marjudin.

Terpisah Syarifuddin Selaku panitera Muda Tipikor mengatakan akan menyerahkan berkas tersebut ke ketua PN Banjarmasin untuk menentukan majelis hakim.ris