Tabalong Genap Berusia 54 Tahun

Bupati Tabalong, H Anang Syakhfiani bersama Forkominda melakukan tabur bunga di makam Penuntut Pendiri Kabupaten Tabalong.

TANJUNG – Tanggal 1 Desember 2019 Kabupaten Tabalong genap berusia 54 tahun. Untuk mengenang hari lahirnya, Pemkab Tabalong menggelar Upacara Peringatan Hari Jadi Ke 54 Kabupaten Tabalong digelar di Taman Giat  Kota Tanjung, Minggu (01/12).

Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tabalong.

Upacara dipimpin oleh Bupati Tabalong Anang Syakhfiani dan juga dihadiri oleh Wakil Bupati Tabalong H Mawardi dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Tabalong. Hadir juga perwakilan perusahaan dan perbankan dan Ketua serta anggota DPRD Tabalong. 

Dalam sambutannya Bupati Tabalong Anang Syakhfiani mengatakan untuk menjadikan Tabalong sebagai etalase Kalimantan Selatan perlu kerja keras. Dan saat ini secara konsisten dapat tercapai melalui pembangunan infrastruktur yang hampir merata. Pembangunan jalan Kabupaten, jalan pedesaan, jalan pertanian, jembatan, irigasi dan pembangunan infrasturktur lainnya. 

Pembangunan yang merata sangat berdampak pada pembangunan manusia, dilihat dari Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang terus meningkat ke poin 71,14 dan anagka harapan hidup masyarakat yang mencapai 70,12 tahun.

Dengan bertambahnya usiaa Kabupaten jelas pembangunan yang dilakukan semakin ditingkatkan. Salahsatu peningkatan lain adalah pertumbuhan ekonomi yang meningkat ke angka 3,78 yang berdampak pada penekanan angka kemiskinan yang sebelumnya diangka 6,09 persen menjadi 5,95 persen. 

Angka pengangguran juga menurun menjadi 3,10 persen dimana sebelumnya diangka 3,88 persen. 

“ Semangat perubahan menuju Tabalong Terdepan merupakan tugas seluruh lapisan masyarakat,” kata Bupati Anang.

Lebih jauh Anang mengatakan, menjadikan Tabalong sebagai daerah otonom menjadi semangat bersama dengan terus giat bekerja, membangun memberikan yang terbaik bagi daerah semakin maju, sejahtera dan mandiri. 

Hari Jadi ke 54 Tabalong mengusung tema “Kerja Bersama menuju Tabalong Terdepan,”. Kegiatan puncak akan dilaksanakan pada 09 Desember 2019. 

Dalam kegiatan tersebut juga diberikan berbagai penghargaan seperti di bidang pendidikan, lingkungan dan perusahaan. 

Tidak ketinggalan Bupati Tabalong dan Wakil Bupati Tabalong beserta unsur Forkopinda melakukan jiarah sekaligus melakukan tabur bunga ke Penuntut Pendiri Kabupaten Tabalong. ain.