MU Ditahan Imbang 2-2 di Old Trafford

Imbang – Manchester United ditahan imbang Aston Villa 2-2 di lanjutan Liga Inggris. Foto: Stu Forster/Getty Images

Manchester – Manchester United kembali gagal meraih kemenangan di Liga Inggris. Sempat bangkit setelah kebobolan lebih dulu, MU dipaksa bermain imbang 2-2 oleh Aston Villa.

Dalam pertandingan pekan ke-15 Liga Inggris di Old Trafford, Minggu (1/12) malam Wita, MU kebobolan saat laga berjalan 11 menit. Jack Grealish mencetak gol indah dengan tendangan melengkung.

MU baru bisa menyamakan skor tiga menit jelang turun minum. Gol bunuh diri Tom Heaton mengubah skor menjadi 1-1.

MU sempat berbalik unggul setelah sundulan Victor Lindelof menggetarkan jala gawang Villa. Namun tim tamu membuyarkan kemenangan MU lewat gol Tyrone Mings.

Ini jadi hasil seri kedua yang didapat MU secara beruntun usai pekan lalu ditahan imbang Sheffield United. Cuma dapat tambahan satu angka, MU menempati peringkat kesembilan klasemen Liga Inggris dengan 18 poin dari 14 pertandingan. Sementara itu, Villa ada di urutan ke-15 dengan 15 poin.

MU langsung mengambil inisiatif menyerang sejak menit-menit awal. Kendati demikian, belum ada peluang bersih yang diciptakan MU.

Serangan yang dibangun MU diakhiri dengan tembakan Fred dari depan kotak penalti. Namun bola melambung di atas mistar gawang.

Justru Villa yang mampu mencetak gol lebih dulu pada menit ke-11. Jack Grealish membobol gawang David De Gea lewat tembakan melengkung dari sisi kiri kotak penalti MU.

Gol ini berawal dari El Ghazi yang bergerak di sisi kanan dan kemudian mengirim bola ke sisi lain lapangan. Bola dikuasai oleh Grealish yang ada di sisi kiri dan kemudian melakukan tusukan ke dalam kotak penalti. Dia melepaskan tembakan dengan kaki kanan dan bola mengarah ke tiang jauh.

Villa sempat mencetak gol keduanya di laga ini pada menit ke-28. Trezeguet memanfaatkan kemelut di depan gawang MU untuk bikin gol. Namun wasit menganulir gol tersebut karena Grealish lebih dulu terjebak offside. MU mendapat peluang setelah bola dari Juan Mata diblok dan berbelok ke arah Rashford.

Rashford mencoba melepaskan tembakan, tapi melebar dari gawang. MU akhirnya mencetak gol balasan tiga menit jelang turun minum. Umpan silang Andreas Pereira ditanduk oleh Rashford.

Gol tersebut sempat dinyatakan milik Rashford. Namun, setelah ditinjau ulang, gol balasan MU dinyatakan sebagai gol bunuh diri Tom Heaton karena bola sempat membentur tiang dan mengenai kiper Villa itu.

Memasuki babak kedua, MU menaikkan intensitas permainan. Anthony Martial nyaris membawa MU unggul pada menit ke-57 setelah melakukan penetrasi hingga ke kotak penalti Villa. Namun tembakannya ditepis oleh Heaton.

Grealish juga nyaris mencetak gol keduanya di menit ke-63. Sial bagi Grealish, dia tak mampu menjangkau umpan Trezeguet meski berdiri bebas di depan gawang MU.

Semenit berselang, MU membalikkan keadaan lewat gol Lindelof. Dari tendangan sudut, bola berakhir di kaki Fred. Dia kemudian melepaskan umpan silang yang dibelokkan pemain Villa dan mengarah ke Lindelof. Dengan tenang, Lindelof menanduk bola untuk menaklukkan Heaton.

Namun keunggulan MU tak bertahan lama. Pada menit ke-66, tim tamu mencetak gol untuk membuat skor kembali jadi imbang.

Dari tendangan sudut yang dihalau pemain MU, bola jatuh ke kaki Matt Targett. Dia kemudian mengangkat bola yang dituntaskan oleh Tyrone Mings dengan tendangan voli.

Pemain Villa sempat harus menunggu keputusan VAR atas dugaan offside. Namun VAR memperlihatkan Brandon Williams dalam posisi yang membuat para pemain Villa onside sehingga gol Mings sah.

Tekanan terus coba dilancarkan MU. Matial memanfaatkan bola liar di kotak penalti setelah Fred jatuh. Namun, meski dari jarak dekat, Martial tak mampu mengarahkan bola ke gawang.

Peluang untuk MU kembali tak menghasilkan gol. Kali ini bola sundulan Harry Maguire diblok Mings. Sampai laga usai, tidak ada gol tambahan yang tercipta. Skor 2-2 bertahan hingga wasit meniup tanda pertandingan selesai.dtc/ron