Lewis Hamilton Juara GP Abu Dhabi

Juara – Lewis Hamilton juara GP Abu Dhabi. Mark Thompson/Getty Images

Abu Dhabi – Lewis Hamilton menutup Formula 1 2019 dengan kemenangan di GP Abu Dhabi. Memimpin sejak start, pebalap Mercedes itu jadi yang pertama men­yen­tuh garis finis.

Dalam balapan di Yas Marina Circuit, Minggu (1/12/2019) malam WIB, Hamilton memulai dari posisi terdepan. Dia memimpin di setiap lap dan menuntaskan 55 putaran dengan selisih nyaris 17 detik dari pebalap di belakangnya.

Max Verstappen finis di urutan kedua, lebih lambat 16,772 detik dari Hamilton. Charles Leclerc kemudian menyusul di posisi ketiga.

Valtteri Bottas, yang start dari posisi belakang, mampu finis di urutan keempat. Posisi kelima ditempati oleh pebalap Ferrari, Sebastian Vettel.

Pada balapan ini, Hamilton juga mengukir grand slam setelah merebut pole, men­ca­tat­kan putaran tercepat, me­me­nangi balapan, dan memimpin di setiap lap. Pebalap asal Inggris itu menutup musim dengan 413 poin.

Angka tersebut jadi rekor untuk Hamilton. Dia juga menyamai catatan terbaiknya soal jumlah kemenangan dalam satu musim dengan 11 kali naik podium teratas. nds/din