Dua Lahan Untuk Kepentingan Publik Sudah Dibebaskan

PENGADAAN TANAH – Kegiataan musyawarah bersama terkait penyelesaian bentuk ganti rugi pengadaan tanah, untuk TPS Kecamatan Awayan dan Pembuangan Sampah SementaraReuse, Reduce, Recycle (TPS 3R) Kelurahan Paringin Timur.(sugiannor)

PARINGIN -Setelah melakukan musyawarah bersama terkait penyelesaian bentuk ganti rugi pengadaan tanah untuk Tempat Pembuangan Sampah (TPS) Kecamatan Awayan dan Pembuangan Sampah SementaraReuse, Reduce, Recycle (TPS 3R) Kelurahan Paringin Timur, akhirnya para pemilik lahan bersedia lahannya dibebaskan untuk kepentingan umum.

Musyawarah yang berlangsung di ruang kerja Wakil Bupati Balangan H Syaifullah yang juga merupaka ketua Tim Pelaksana Pengadaan Tanah Untuk Pembangunan Bagi Kepentingan Umum Kabupaten Balangan tersebut,  juga turun dihadiri oleh asisten satu, Kabag Tapem, Kepala dinas Perkim beserta jajarannnya serta pihak terkait lainnya.

Menurut Wabup H Syaifullah, dirinya bersama anggota tim lainnya bersyukur masyarakat pemilik lahan bisa memahami dan mengerti jika lahan mereka yang diperlukan oleh pemerintah adalah merupakan untuk kepentingan umum.

Dirinya juga, mengapresiasi kerja seluruh anggota tim selama ini, karena berkat kerja keras dan kerja sama yang baik maka selama ini proses pengadaan tanah untuk pembanguan berjalan lancar dan baik. Dirinya menurut Syaifullah, tak segan untuk turun ke lapangan langsung menemui warga yang lahannya akan dibebaskan.

Bukan hanya turun langsung ke lapangan memimpin pembebasan lahan bersama stakeholders, H Syafullah juga tak segan mengundang masyarakat secara langsung ke ruang kerjanya untuk membicarakan terkait proses pembebasan lahan, cara ini terbukti ampuh sehingga proses pembebasan lahan yang akan digunakan untuk pembangunan oleh Pemkab Balangan  nyaris tidak ada riak ataupun permasalahan.

Menurut orang nomor dua di Bumi Sanggam ini, cara turun langsung ke lapangan ataupun mengundang masyarakat ke kantornya ini mampu memberikan pemahaman bagi masyarakat akan pentingnya peningkatan fasilitas umum.

“Alhamdulillah, sejak 2016 hingga sekarang proses pembebasan lahan untuk beberapa fasilatas baik itu perkantoran, pelebaran jalan hingga lahan untuk membangun Lapas bias terselesaikan. Bahkan, ada yang dalam dua hari bisa selesaikan masalah pembebasan lahan inii,” ujar Wabup H Syaifullah.

Terpenting dari cara yang ditempuh ini, menurut Syaifullah, ialah menciptkan dan menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya peran serta seluruh lapisan masyarakat untuk memacu pertumbuhan ekonomi untuk kesejahteraan masyarakat.

Selain itu, menurut dia, dalam setiap peertemuan dengan masyarakat yang dirinya lakukan selalu meminta dukungan warga untuk mendukung setiap program pemerintah.

“Saya selalu tekankan jika Pemerintah akan selalu berbuat yang terbaik bagi warganya. Untuk itu Saya mengajak semua untuk mendukung program pemerintah, karena dengan keberhasilan tiap program ini akan berdampak bagi masyarakat itu sendiri,” pungkasnya. (SA/mb03)