Dewan Minta Fasilitas RSUD Ulin Ditingkatkan

Ketua Komisi IV DPRD Kalsel, HM Lutfi Saifuddin

BANJARMASIN – Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Selatan minta fasilitas pelayanan ruang kelas tiga di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ulin Banjarmasin ditingkatkan lagi.

Pasalnya, berdasarkan hasil inspeksi mendadak (sidak) Komisi IV DPRD Kalsel beberapa waktu lalu terlihat kondisi ruangan untuk pasien kelas 3 di RSUD Ulin Banjarmasin sangat memprihatinkan, selain tidak memiliki pendingin udara atau AC, juga terlihat kumuh dengan banyaknya penjaga pasien atau keluarganya yang ikut tidur-tiduran di sekitar tempat tidur pasien.

Ketua Komisi IV DPRD Kalsel, HM Lutfi Saifuddin, mengatakan, sesuai kesepakatan dengan pihak rumah sakit dan Dewan Pengawas Rumah Sakit untuk lebih meningkatkan mutu pelayanan rumah sakit terkait pasien kelas 3 diatas dari standar.

Kalau pelayanan pasien kelas 3 tidak ada pendingin udara, agar kedepan diberi pendingin udara. Begitu juga terkait penunggu ruangan agar dipisah dengan pasien karena harus berkumpul dengan penunggu.

Dan ini harus ditegaskan oleh pihak rumah sakit.” Ini hasil dari temuan sidak kami beberapa waktu lalu di RSUD Ulin Banjarmasin agar lebih proaktif,”ujar Lutfi saat rapat dengar pendapat dengan Direktur RSUD Ulin Banjarmasin, Hj.Suciati dan Dewan Pengawas Rumah Sakit, Anang Rosadi di ruang Komisi IV DPRD Kalsel, di Banjarmasin.

Diharapkan, ini menjadi perhatian bersama pihak RSUD Ulin Banjarmasin agar kenyamanan pasien di rumah sakit lebih baik lagi, pasien yang sakit bisa cepat sembuh bukan tambah sakit.

Direktur RSUD Ulin Banjarmasin, Hj.Suciati, mengatakan, khususnya pelayanan kelas 3 memang agak beda sedikit.”Dari Komisi IV DPRD Kalsel minta agar kelas 3 itu ber AC, secara bertahap akan diberikan AC dan kebersihannya juga,”ujar Suciati.

Diakuinya untuk ruang kelas 3 memang kadang ada 3 sampai 4 orang di dalam, sekarang sudah disiapkan ruangannya.” Permintaan itu akan direalisasikan dan dicoba untuk lantai 1 dulu,”jelasnya.rds