Perpajakan Kotabaru Gelar Penyuluhan dan Konsultasi

KOTABARU – Dalam rangka menumbuhkan kesadaran membayar pajak sejak dini, Tim Pajak Bertutur (Patur) Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Kotabaru menggelar acara Pajak Bertutur (Patur) yang merupakan rangkaian dari kegiatan Pekan Inklusi Kesadaran Pajak, Sabtu (30/11) di Aula SMAN 1 Kotabaru.

Pelayanan penyuluhan dan konsultasi ini dalam rangkaian Hari Guru Nasional dan kegiatan Patur 2019 ini mengambil tema “Guru, Baktimu Tiada Tara”. Acara diikuti dengan sangat antusias oleh 150 siswa dari perwakilan masing-masing kelas.

Kepala KP2KP Kotabaru, Syamsu Syaikhur mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran pajak sejak dini di kalangan pelajar sehingga pada saatnya nanti mereka akan menjadi generasi yang sadar pajak.

Syamsu mengungkapkan, acara ini dilakukan serentak di seluruh wilayah di Indonesia. Agar kegiatan tidak membosankan kali ini kegiatannya tak hanya diisi dengan materi, tetapi juga diisi dengan beberapa games, dialog, kegiatan berkelompok yang dikemas agar para siswa dapat aktif dalam acara tersebut.

“Agar para siswa untuk selalu memahami pentingnya pajak dalam kehidupan kita sehari-hari serta kelak menjadi generasi yang sadar akan pajak mengingat 82 persen APBN bersumber dari pajak,” katanya.

Hal itu seperti pembangunan jalan, jembatan dan infrastruktur lainnya, ketersediaan pendidikan, akses kesehatan dan hampir semua program pemerintah dibiayai dengan uang pajak.

Penyuluhan dan konsultasi tentang pajak tersebut mendapat respon positif oleh Dewan Guru. “Jujur, dari beberapa acara yang pernah diadakan di sekolah kita, acara Pajak Bertutur adalah acara yang terbaik yang pernah diselenggarakan,” ujar Diah Rusmini saat memberikan pesan dan kesannya mengenai Pajak Bertutur.

Perlu diketahui, kegiatan Pajak Bertutur sendiri adalah kegiatan dimana para pegawai pajak memberikan pengenalan mengenai kesadaran pajak bagi para pelajar dari tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga Perguruan Tinggi (PT).

DJP yakin dan percaya bahwa para peserta didik yang telah sadar pajak sejak dini, akan menjadi wajib pajak yang taat dan patuh aturan. Kesadaran pajak ini juga bagian dari bela negara bagi penerus bangsa yang berkualitas dan berkarakter. bet/ani