Advokat Gugat Advokat

GUGAT – Empat advokat senior PERADI yakni Abdullah, Robert Hendra Sulu,  Yohanes Lee dan Taupik Hidaat saat di PN Banjarmasin untuk memasukan gugatan. mb/risma

BANJARMASIN  – Belasan advokat senior dari empat organisasi pengacara yang ada di Banjarmasin melayangkan gugatan terhadp Organisasi DPN P3HI yang telah disumpah Kepala Pengadilan Tinggi Banjarmasin beberapa waktu lalu.

Gugatan yang telah masuk ke Pengadilan Negeri Ban­jar­masin, Senin (2/12) kemarin diantar oleh Abdullah, Robert Hendra Sulu,  Yohanes Lee dan Taupik Hidayat.

Menurut Abdullah, gugatan terhadap DPN P3HI yang mereka lakukan karena penyumpahan atau pe­ngam­bilan sebagai advokat yang dilakukan Kepala Pengadilan Tinggi cacat hukum.

“Karena yang dilakukan pihak P3HI, tidak sesuai prosedur atau tidak mencukupi syarat untuk menjadi seorang advokat,” ucap Abdulah.

Lanjut Abdullah, untuk menjadi seorang advokat itu tidak mudah, bukan hanya sekadar memiliki ijazah saja. “Karena ada persyaratan lainnya sesuai dengan pasal 18 tentang profesi advokat, yang mana haus ada kerjasama dengan perguruan tinggi, kemudian harus mengikuti tes dan pendidikan PKA, serta magang,”papar Abdullah.

Menurut Abdullah, semua persyaratan itu tidak dilakukan oleh pihak DPN P3HI, bahkan menurutnya di media sosial rencananya anggota DPN P3HI ada dari anggota dewan yang akan dilantik.

“Tidak semudah itu untuk menjadi seorang advokat dan kami meminta dalam gugatan yang kami ajukan  agar pihak Pengadilan membatalkan acara pelantikan atau penyumpahan dan menarik kembali berita acara penyumpahan angota P3HI,”ungkap Abdullah.ris