250 Siswa Makan Ikan Bersama

SUAPI – Ketua TP PKK Tabalong, Hj Syarifah Syifa menyuapi siswi SDN 1.2 Sulingan dalam acara Gemarikan.

TANJUNG – Dinas Perikanan Kabupaten Tabalong kembali menggelar kegiatan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (GEMARIKAN), kali ini kegiatan tersebut dilaksanakan di SDN 1.2 Sulingan, Kecamatan Tanjung, Sabtu (30/11).

Tidak kurang dari 250 siswa-siswi di sekolah tersebut mengikuti kegiatan yang dihadiri Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani bersama Ketua TP PKK Hj Syarifah Syifa, serta Wakil Bupati H Mawardi dan sejumlah pejabat lainnya.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Tabalong, H M Mugeni, mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan program Gemarikan,khususnya kepada siswa sekolah dasar.

Selain itu, untuk memberikan pemahaman kepada siswa sekolah dasar tentang kandungan gizi ikan betapa baiknya untuk pertumbuhan tubuh,kesehatan dan kecerdasan otak.

“ Kegiatan ini juga untuk menanamkan minat kepada siswa sekolah dasar sejak dini untuk menyukai ikan sebagai makanan sehari-hari, serta meningkatkan angka konsumsi ikan di Kabupaten Tabalong,” jelas Mugeni.

Sementara Bupati H Anang Syakhfiani dalam sambutannya mengajak kepada para siswa untuk gemar memakan ikan. Dulu kita sering dilarang orang tua memakan ikan banyak-banyak, ada yang bilang nanti cacingan dan sebagainya. Padahal itu supaya ikan yang disuguhkan jangan dihabiskan melainkan disisakan untuk yang lain.

Saya sejak kecil sudah gemar makan ikan, bahkan saat duduk dibangku sekolah dasar senang menangkap ikan di sungai. Dulu kalau mau makan ikan perlu perjuangan, kalau tidak memancing atau menangkap ikan dilobang didalam sungai. 

“ Kegiatan itu saya lakukan selepas magrib bersama dengan kawan-kawa , kalau tidak menggagap kami membanjur, “ beber Bupati Anang.

Ditambahkan, dengan memakan ikan yang banyak juga dapat mencegah stunting, dan beliau juga meminta SDN 1.2 ini dijadikan percontohan untuk mencegah adanya stunting, kepada para guru supaya didata tinggi badan anak-anak, meski yang tubuh pendek belum tentu dia stunting.

Sementara itu,Wakil Bupati Tabalong, H Mawardi, juga membagikan ceritanya saat kecil, dirinya juga senang makan ikan tetapi sebelumnya menangkap dahulu dengan menggunakan jala atau jaring.

“Dahulu saya bersama ayah, kalau mau makan ikan malam-malam turun kesungai untuk melunta,hasilnya bisa untuk lauk makan dan juga dijual.

“ Anak akan berprestasi apabila mengkonsumsi ikan dengan cukup. Makan ikan satu setengah ons sehari, agar kita jadi sehat, kuat dan cerdas. Selain itu mari belajar sebaik-baiknya dari sekarang juga,” pesan Mawardi. ain.