loader image

Balangan MoU Dengan BPJS Ketenagakerjaan

KERJASAMA – Penandatanganan kerjasama atau Memorandum of Understanding (MoU) bersama BPJS Ketenagakerjaan provinsi Kalsel.(ist)

PARINGIN, MB – Pemerintah Kabupaten Balangan melakukan penandatanganan kerjasama atau Memorandum of Understanding (MoU) bersama BPJS Ketenagakerjaan provinsi Kalsel.

Penandatanganan kerjasama ini dilakukan langsung Bupati H Ansharuddin bersama Kepala BPJS Ketenagakerjaan Ofik Taufik di Hotel Best Western Banjarmasin, belum lama tadi.

Bupati H Ansharuddin menyampaikan, penyelenggaraan program jaminan sosial merupakan salah satu tanggungjawab dan kewajiban pemerintah memberikan perlindungan sosial bagi tenaga kerja, Aparatur Sipil Negara ASN) di lingkungan Pemkab Balangan.

“Hal ini didasari undang-undang nomor 24 tahun 2011 tentang badan penyelenggaran jaminan sosial, bahwa pemberi kerja secara bertahap wajib mendaftarkan dirinya dan pekerjanya sebagai peserta kepada bpjs sesuai program jaminan soial yang diikuti,” jelasnya.

Penandatanganan kerjasama atau Memorandum of Understanding (MoU) bersama BPJS Ketenagakerjaan dirangkai dengan sosialisasi manfaat program BPJS Ketenagakerjaan.

Hadiri dalam kegiatan itu Kepala Dinas Nakertrans Balangan dan beberapa kepala Bidang dan staf di lingkup Disnakertran Balangan.

Sebelumnya, Per tanggal 1 Januari 2018 lalu program kesehatan bagi warga Balangan sepenuhnya mengunakan JKN KIS – BPJS Kesehatan.

Ketentuan ini berlaku, dengan ditandai penandatanganan perjanjian kerjasama antara Pemkab Balangan yang dilakukan langsung oleh Bupati Balangan H Ansharuddin dengan BPJS.

Bupati Balangan H Ansharuddin mengungkapkan, kerjasama tersebut merupakan integrasi Jamkesda ke JKN KIS – BPJS Kesehatan yang akan menjamin pelayanan kesehatan bagi warga Balangan.

“Kami resmi meluncurkan program Universal Health Coverage (UHC) yaitu, mendaftarkan seluruh penduduknya dalam program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN-KIS) yang dikelola oleh BPJS Kesehatan per 1 Januari 2018. Program ini mengantikan program Jamkesda,” ujar Ansharuddin disela penandatangan kerjasama tersebut.

Program Universal Health Coverage, menurut Ansharuddin, menjadi solusi jaminan kesehatan bagi masyarakat Balangan.

Program Universal Health Coverage sendiri, lanjut orang nomor satu di Bumi Sanggam ini, merupakan komitmen Pemerintah Daerah Balangan dalam mendukung program strategis Nasional dalam hal jaminan kesehatan untuk masyarakat dan sesuai dengan Instruksi Presiden Nomor 8 Tahun 2017  bahwa pemerintah kabupaten memastikan seluruh penduduknya terdaftar dalam Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN-KIS). (SA/mb03)