Tekan Angka Kematian Ibu dan Bayi

SADAR KEHAMILAN – Kelas ibu sadar kehamilan (Darlan) UPT Puskesmas Halong.{{ist}}

PARINGIN – Sebanyak 150 orang wanita hamil, ibu menyusui serta para suami mengikuti kelas Darlan (Sadar Kehamilan) dan Darta (Sadar Balita) di Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan, belum lama tadi.

Kelas dilakukan selama dua bulan dari September hingga Oktober 2019, tersebar di Kecamatan Paringin, Paringin Selatan, Juai, Halong dan Lampihong.

Sosialisasi ini diisi oleh pemateri dari berbagai bidang mulai dari dokter, ahli gizi, hingga tenaga kesehatan.

Mereka didatangkan dari puskesmas kecamatan sesuai lokasi kelas diadakan. Kegiatan yang diinisiasi Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan bekerjasama dengan PT Adaro Indonesia bertujuan memberikan edukasi seputar kehamilan, kesehatan anak dan balita kepada masyarakat sekitar wilayah operasional.

“Harapannya, bisa menekan angka kematian ibu hamil, bayi, dan balita,” kata penanggungjawab program CSR PT Adaro Indonesia Akhmad Fiteriansyah. Yang unik adalah kehadiran kaum pria dalam kegiatan sosialisasi ini.

“Kehamilan dan mengurus anak bukan hanya tugas ibu, kami harap bapak-bapak bisa turut andil ,” terang Fiteriyadi.

Adaro telah melaksanakan program yang berfokus pada ibu hamil dan anak sejak tahun 2010 melalui program besar KIBBLA.

Selain di Balangan program ini juga dilaksanakan di kabupaten lain di wilayah operasional Adaro. Untuk program kelas Darlan dan Darta di Balangan Adaro menggelontorkan dana sebesar Rp 150 juta.{{an/mb03}}