Pemkab Tala Gelar Jambore Forum Anak Daerah

Bupati Tanahlaut, H Sukamta berfoto bersama peserta jambore forum anak daerah (FAD) Kabupaten Tanahlaut

PELAIHARI – Pemerintah kabupaten (Pemkab) Tanahlaut menggelar Jambore Forum Anak Daerah Kabupaten Tanah Laut (Tala) di Aula Diklat Loka Bina Praja Hutan Kota Pelaihari, Senin (18/11).

Kegiatan berlangsung selama dua hari diikuti peserta yang berasal dari utusan sekolah SMA, SMK, MA, SMP serta MTs yang berjumlah 60 peserta dan dengan satu orang pendamping dari masing-masing sekolah.

Jambore menghadirkan narasumber berasal dari Duta Genre Provinsi Kalsel, Polres Tala serta dari Kementrian Agama Kabupaten Tala, selain itu juga peserta diberikan bimbingan psikologi anak dan digelar kegiatan outbound serta pentas seni dari tiap sekolah.

Bupati Tala, H Sukamta mengatakan kegiatan jambore salah satu media silaturrahim antar anak-anak Tanah Laut, sebab pada kegiatan inilah nantinya akan terbangun chemistry maupun komitmen bersama, khususnya terkait dengan bagaimana membangun generasi yang lebih solid.

Sebab membentuk pemimpin yang hebat tidak bisa dengan waktu yang singkat, namun melalui proses yang panjang bahkan dimulai sejak perkawinan.

“Jangan pernah menikah dibawah usia 20 tahun, karena akan sulit menghasilkan generasi yang baik, terlebih pada usia tersebut, kondisi fisik serta mental mereka belum siap,” ujarnya.

Sukamta pun berpesan kepada peserta agar menjadi agen-agen pemerintah untuk menjelaskan terkait pernikahan diusia dini. can/ani