Kades Terpilih Pilkades Tanbu Ikuti Pembekalan

Bupati Tanah Bumbu (Tanbu), H Sudian Noor saat menyampaikan sambutan sekaligus membuka pembekalan bagi kepala desa terpilih hasil Pilkades serentak tahun 2019 di Kabupaten Tanbu

BANJARBARU – Setelah dilantik beberapa waktu lalu, para Kepala Desa (Kades) hasil Pilkades Serentak tahun 2019 diberikan pembekalan oleh Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa.

Pembekalan Kepala Desa Terpilih dibuka langsung oleh Bupati Tanbu, H Sudian Noor, Senin (18/11) di aula Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDMD) Provinsi Kalimantan Selatan di Banjarbaru.

“Saya selaku Kepala Daerah menyambut baik dan sangat mengapresiasi dilaksanakannya pembekalan Kepala desa terpilih, Pilkades serentak Tahun 2019,” sebut Sudain Noor.

Kegiatan ini, ujar bupati, merupakan langkah strategis yang sangat diperlukan oleh Kepala Desa terpilih dalam menjalankan roda Pemerintahan Desa.

“Terutama untuk meningkatkan pemahaman Kepala Desa terpilih, akan tugas pokok dan fungsi yang berkaitan dengan penyelenggaraan pemerintahan desa, pembangunan dan pemberdayaan masyarakat perdesaan,” kata bupati.

Dalam menjalankan tugas, diingatkan bupati, fungsi Kepala Desa harus mematuhi peraturan maupun regulasi yang berlaku.

Hal itu agar penyelenggaraan pemerintahan desa dapat berjalan sesuai norma hukum yang berlaku serta program-program pembangunan dan pemberdayaan dapat dilaksanakan secara tertib dan sesuai dengan anggaran yang diberikan kepada pemerintah.

Masih menutut bupati, Kepala Desa dituntut untuk memiliki inovasi dan terobosan baru dalam pengembangan desa berbasis pada potensi desa sehingga mampu mendukung peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Sebab saat ini kondisi masyarakat dan wilayah yang terus berkembang dinamis, baik secara sosial dan ekonomi, juga menuntut pengaturan agar lebih sejahtera lahir dan batin.

“Saya berpesan kepada Kepala Desa untuk berpartisipasi aktif dan mengikuti seluruh rangkaian kegiatan pembekalan ini dengan serius dan sungguh-sungguh,” imbuhnya.

Diharapkan nantinya para Kepala Desa akan mampu menjalankan program kerja dan mewujudkan kemandirian, kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat desa itu sendiri. rel/mz/ani