Coba Kembangkan Streetball

BANJARMASIN – Sepakbola dan futsal, satu lagi olahraga bola kaki yang mulai berkem­bang dan banyak diminati di Banua yakni sepak bola jalanan atau street soccer.

Tidak heran olahraga yang empat pemain ini bakal ikut dipertandingkan Badan Pembina Olahraga Pelajar Seluruh Indonesia (Bapopsi) Kalsel kemarin.

Ketua Bapopsi Kalsel, Yuyu Rahmad Mulyana mengatakan kejuaraan street soccer ini diperuntukan bagi SD/SMP se Kalsel.

“Ada 60 peserta yang ikut ambil bagian. Untuk SD ada 28 tim dan SMP ada 32 tim,”  kata Yuyu. Selain sepakbola jalananan ujar Yuyu juga digelar futsal antar SMA yang digelar 20-23 November dii Borneo Indoor Futsal Banjar­ma­sin.

“Kalau futsal ada 44 tim yang bertanding,” jelas dia. Tidak hanya itu juga digelar Pelatihan pelatih futsal level nasional yang diikuti 20 orang.

“Berbeda dengan yang lain pelatihan futsal ini ditujukan bagi para guru sekolah. Bjasanya dipungut biaya paling tidak Rp 3 juta kalau kita gratis saja,” ujar Kabid Pembudayaan Olahraga Dispora Kalsel ini.

Soalnya ujar Yuyu ini digelar Bapopsi yang mengurus olahraga wajar sehingga wajar pesertanya guru dan tanpa dipungut biaya.

“Meski gratis kita juga menyiapkan makan, Snack dan mendatangkan pembicara pelatih futsal nasional dari PSSI Pusat,” tambah dia.

Kegiatan lain adalah dengan menggelar Senam SKJ jadul bagi para pelajar SMA se Kalsel. “BAPOPSI ingin kegiatan ini bisa menggelorakan olahraga dan membina para pelajar sekaligus meluangkan bakat dan potensi sehingga paling tidak aktifitas ke­o­lah­ragaan bisa dikembangkan juga punya kesibukan ber­manfaat agar tidak tergelincir kegiatan negatif,” pungkas dia. Mad