Dinkes Tala Gelar Syukuran HUT HKN ke-55

PELAIHARI – Dinas kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tanahlaut (Tala) menggelar syukuran dalam rangka peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-55 tahun 2019 bertempat di Halaman Kantor Dinkes Tala, di Pelaihari, Selasa (12/11).

Turut berhadir Bupati Tala, H Sukamta, Ketua Pengadilan Negeri Pelaihari, Ita Widyaningsih, SH, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tala, Nina Sandra, para anggota DPRD Tala serta para insan kesehatan.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Tala, H Sukamta membacakan sambutan tertulis Menteri Kesehatan mengatakan bahwa pemerintah dalam kurun waktu lima tahun mendatang akan memprioritaskan pada pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM).

Menegaskan arahan Presiden RI bahwa ada dua isu kesehatan utama yang harus diselesaikan terkait pembangunan SDM yang berkualitas yaitu stunting dan jaminan kesehatan nasional.

Sementara ada dua isu kesehatan lain yang juga harus diatasi yakni tingginya harga obat dan alat kesehatan serta masih rendahnya penggunaan alat kesehatan buatan dalam negeri.

“Hal-hal itu akan menjadi fokus perhatian kita bersama untuk dapat segera diupayakan solusinya,” ucap Menkes.

Disela-sela acara turut dilakukan penandatanganan komitmen bersama percepatan pencegahan balita stunting di Kabupaten Tala serta peresmian Sekretariat Pelayanan Kegawatdaruratan Ambulance dan tenaga kesehatan on call gratis oleh Bupati Tala didampingi Kepala Dinas Kesehatan Tala, Nina Sandra. can/ani