November, Capaian SAMSAT Banjarmasin 1 Rp 90 Miliar

Kepala UPPD SAMSAT Banjarmasin 1, Hj.Anni Hanisyah

BANJARMASIN – Unit Pelayanan Pajak Daerah (UPPD) Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT) Banjarmasin 1 terus berinovasi untuk dapat meningkatkan pendapatan pajak kendaraan bermotor.

Hal tersebut terbukti, hingga bulan November 2019 ini saja capaian pajak kendaraan bermotor sudah mencapai Rp 90 miliar dari target Rp 127 miliar, yang kemungkinan sampai akhir tahun 2019 capaian tersebut akan bertambah bahkan melebihi target.

Kepala UPPD SAMSAT Banjarmasin 1, Hj.Anni Hanisyah, mengatakan,  realisasi pendapatan sampai bulan November 2019 sudah sebanyak Rp 90 miliar dari target Rp.127 miliar, jadi sisanya hanya sekitar 20 persen, mudah-mudahan dalam jangka 2 bulan sampai Desember 2019 tercapai 100 persen lebih.

Untuk meningkatkan capaian pajak kendaraan bermotor tersebut, UPPD SAMSAT Banjarmasin 1 yang terletak di Jalan A.Yani Km 5,8 Banjarmasin ini terus melakukan inovasi-inovasi serta pelayanan yang prima bagi masyarakat.

“Upaya kami pa Gubernur ada memberikan kebijakan penghapusan pajak progresif, Kedai SAMSAT Bergerak dibuka pukul 16.00 wita sampai 20.00 wita alhamdulillah kemarin sampai Rp 40 juta, SAMSAT Antar Jemput,”ujar Anni di kediamannya di Banjarmasin,Rabu (13/11) sore.

Dengan mempermudah pelayanan, masyarakat akan terlayani dan bulan Desember akan diberi doorprize.Dari Rp 90 miliar yang paling banyak dari bayar pajak tahunan, didominasi roda 2 dan roda 4.

Masyarakat agak malas membayar pajak karena menunggu pemutihan saja.”Mudah-mudahan tidak ada pemutihan karena masyarakat malas membayar pajak sehingga tunggakan lebih banyak lagi, tapi kami berusaha dor to dor mendatangi perusahaan-perusahaan dan rumah-rumah yang menunggak setiap hari. Tapi kita juga kesulitan karena banyak yang pindah rumah,”harapnya.

Dengan adanya rajia dari kepolisian terus menerus ikut membantu, juga memudahkan SAMSAT Banjarmasin I karena tilang dan bayar ditempat.Untuk UPPD SAMSAT Banjarmasin 1 hanya menjangkau kawasan Kecamatan Banjarmasin Selatan dan Timur saja.

Paling banyak di UPPD SAMSAT Banjarmasin 2 meliputi kawasan Kecamatan Banjarmasin Utara, Tengah dan Barat.Namun diakuiya mayarakat yang mengurus pajak kendaraan bisa melalui sistem online di SAMSAT Banjarmasin 1.rds