Prioritas Perhitungan Dana Desa Tahun 2020, Untuk Pencegahan Stunting

DANA DESA – Bupati Tapin HM Arifin Arpan MM saat memberikan arahan pada sosialisasi prioritas perhitungan dana desa dan pencegahan stanting yang digelar DPMD Kab.Tapin. mb/herman

RANTAU,- DPMD Tapin menggelar kegiatan sosialisasi prioritas perhitungan dan desa tahun 2020 serta program stunting di Kab.Tapin yang digelar selama dua hari yang dihadiri para Kepala Desa, Sekretaris Desa dan Kaur Keuangan Desa se Kab.Tapin, kemarin bertempat di Aula Pendopo Balahendang Rantau.

Selama dua hari Dinas PMD Kab.pin  melalui Bidang Bina Pemerintahan Desa  menggelar sosialisasi prioritas perhitungan dana desa tahun 2020 serta program stunting untuk seluruh desa dan kelurahan.

Sosialisasi hari pertama, acara dibuka oleh Kadis PMD Yumanto AP MAP dan dihadiri oleh Bupati Tapin HM Arifin Arpan MM beserta peserta sosialisasi  yang terdiri para Camat, Kasi Pe­me­rin­ta­han, Kepala Desa dan Sekretaris Desa dari 6 Kecamatan.

“Sosialisasi hari kedua dihadiri oleh para Camat, Kasi Pemerintahan, Kepala Desa dan Sekretaris Desa dari 6 Kecamatan yang tersisa,” kata DR Padliannor MAP Kabid Bidang Bina Pemerintahan Desa saat diwawancara awak media.

Seperti yang diutarakan Padliannor,  terkait pembagian dana desa di 2020, dimana tahun ini kita ada kenaikan dana desa sebesar 2 Milyar lebih, sosialisasi menghadirkan beberapa narasumber dian­ta­ra­nya dari Dinas Kesehatan, Bappelitbangda Tapin ada dari tenaga ahli dan ada dari Dinas PMD.

Dengan adanya perubahan formulasi perhitungan dari tahun kemaren, kita berharap melalui sosialisasi ini, semha bisa menjadi jelas tentang rumus perhitungan dana desa yang mereka terima.

Sehingga angka perhitungan dana desa 2020 yang ada, sudah berdasarkan perhitungan yang real dengan data dan rumus yang diterima Dinas PMD dari pemerintah pusat.

Harapan kita untuk program stunting yang menjadi program nasional kedepan, sosialisasi ini sebagai langkah awal untuk pendataan, dimana nantinya kita dari pemerintah Kab.Tapin akan menggelar rembuk stanting dalam membahas bersama data-data yang ada.

Berdasarkan perhitungan data yang dilaksanakan, data dapat dijadikan bahan awal bagi pemerintah desa untuk menyusun APBDes di tahun 2020.

Karena Program stunting nanti didanai dari dana desa, karena itu kita menjabarkan dan merunut tentang prioritas kegiatan pe­me­rintah desa dalam mendukung program stunting sehingga ada intervensi sensitif dan progresif yang harus dilaksanakan oleh pemerintah desa.

Berharap program stunting di Kab.Tapin kedepan dapat tuntas dan angka presentasi kita dapat turun dari angka presentase nasional, tandas Padliannor.her/mb03