Hindari DBD, Serma Adie Riyanto Bersama Warga Basmi Sarang Nyamuk

BARABAI – Seperti kita ketahui bersama bahwa wabah DBD (De­mam Berdarah Dengue) disebabkan oleh virus Dengue yang ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti. DBD banyak dijumpai terutama di daerah tropis. Beberapa faktor yang mempengaruhi munculnya DBD antara lain, rendahnya status kekebalan kelompok masyarakat dan kepadatan populasi nyamuk penular karena banyaknya tempat perindukan nyamuk yang biasanya terjadi pada musim penghujan dan lingkungan yang tidak bersih.

Dalam rangka mewaspadai dan mengantisipasi serangan penyakit DBD, Serma Adie Riyanto be­ker­jasama dengan Puskesmas Buluan serta  warga masyarakat Buluan kecamatan Pandawan melaksanakan pemberantasan sarang nyamuk (PSN),pada Rabu (06/11/19).

Menurut Adie Riyanto, Pemberantsan Sarang Nyamuk (PSN) dilakukan dengan cara 3M Plus. Mulai dari menguras, yaitu mem­ber­sihkan tempat yang sering dijadikan tempat penampungan air seperti bak mandi dan ember air, tempat penampungan air minum.

Menutup, yaitu menutup rapat-rapat tempat-tempat penampungan air seperti drum, kendi, toren air. Terakhir, memanfaatkan kembali atau mendaur ulang barang bekas yang memiliki potensi untuk jadi tempat perkembangbiakan nyamuk penular DBD, tu­tur­nya.humas/mb03