Dewan Kawal Perwali Tentang Pengendalian Gas Elpiji 3 Kilogram

Ketua Komisi III DPRD Kota Banjarmasin, HM  faisal Haryadi

BANJARMASIN – Ketua Komisi II DPRD Banjarmasin Faisal Hariyadi mengatakan, pihaknya siap mengawal Perwali yang melarang penjualan gas Elpiji bersubsidi 3 Kilogram di eceran bersama terbitnya Kartu Pengendali Elpiji.

Selama ini ujar Faisal, pengendalian terhadap Harga Eceran Tertinggi (HET) Gas Elpiji di kota ini, khususnya di pengecer kurang maksimal. Pemerintah setempat pun akhirnya melakukan terobosan baru, salah satunya dengan mengeluarkan Perwali dan Kartu Pengendali Gas Elpiji.

“Jadi warga dapat menunjukan kartu pengendali itu di pangkalan ketika membeli gas 3 kilo tersebut. Karena sesuai dengan Perwali nanti, gas itu tidak boleh dijual oleh pengecer, tapi hanya dapat dijual di pangkalan saja,” ujar Faisal di DPRD Banjarmasin, Kamis (7/11).

 Faisal mengatakan, memang gas bersubsidi ini dijual untuk 42 ribu warga miskin. Bagi mereka yang berhak menerima akan mendapatkan kartu pengendali. Sehingga peruntukan gas bersubsidi Elpiji 3 kilogram benar-benar tepat sasaran.

“Insya Allah Januari 2020 ini, kartu itu terbit bersama Perwalinya yang saat ini masih digodok pemerintah setempat,”katanya.

Yang menjadi kendala ungkap Faisal, nantinya akan timbul dampak sosial, kemungkinan antrian pembeli di pangkalan bakal tidak dapat terhindarkan.

 “Itu salah satu kendala yang harus ditanggulangi, kalau masalah harga, pangkalan sudah punya HET. Jika melanggar, sesuai aturan izinnya akan dicabut,”ungkapnya.

Lalu, bagaimana dengan rumah makan yang memiliki omset besar tapi masih menggunakan gas bersubsidi tersebut. Faisal menegaskan, Pemerintah kota (Pemko) Banjarmasin sudah melakukan pendataan, terhadap 42 ribu warga Banjarmasin yang benar-benar berhak mendapatkan gas ini, diluar itu kemungkinan akan ada sanksi.

“Pihak Pemko juga sudah melakukan upaya operasi pasar. Dari 52 kelurahan 9 diantaranya sudah dilakukan operasi itu. Semoga harga gas ini dapat dikendalikan dan warga yang berhak dapat menggunakannya dengan baik,”tegasnya.edo