Bumi Jaya Jadi Contoh Program Kampung Iklim

Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman Lingkungan Hidup (DPRKPLH) menggelar Sosialisasi ProKlim dengan tema Tanah Laut Menuju ProKlim 2020, di Pendopo Desa Bumi Jaya

PELAIHARI – Desa Bumi Jaya, Kecamatan Pelaihari menjadi percontohan pengembangan Program Kampung Iklim (ProKlim) Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan.

Bahkan Desa Bumi Jaya sudah berhasil meraih penghargaan ProKlim Utama dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI.

Dalam rangka melanjutkan pembinaan dan menginspirasi desa lainnya melalui Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman Lingkungan Hidup (DPRKPLH) menggelar Sosialisasi ProKlim dengan tema Tanah Laut Menuju ProKlim 2020, di Pendopo Desa Bumi Jaya, Selasa (5/11).

Sosialisasi dihadiri langsung Kepala DPRKPLH Kabupaten Tanah Laut, utusan DPRKPLH Provinsi Kalimantan Selatan, perwakilan SKPD Kabupaten Tanah Laut, Kepala Desa Bumi Jaya, aparatur desa, pengurus Bank Sampah dari beberapa desa dan utusan dari beberapa perusahaan forum CSR yang ada di Tanah Laut.

Kepala DPRKPLH Kabupaten Tanah Laut, Muhammad Mursi mengungkapkan, ProKlim sudah diadakan sejak tahun 2016, Tanah Laut baru mengikuti tahun 2019 dan langsung memenangkan penghargaan ProKlim Utama.

“Pertama kali kita mengajukan tiga desa untuk mengikuti ProKlim yaitu Desa Bumi Jaya, Desa Sumber Jaya dan Desa Pagatan Besar. Alhamdulillah Desa Bumi Jaya berhasil meraih penghargaan ProKlim Utama dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Desa Sumber Jaya mendapat peringkat ProKlim Madya dan Desa Pagatan Besar mendapat peringkat ProKlim Pratama,” ungkapnya.

Muhammad Mursi menambahkan, ProKlim juga menjadi salah satu usaha dalam mensejahterakan desa yang sesuai dengan visi misi Bupati dan Wakil Bupati Tanah Laut yaitu Kota Ditata Desa Dibina. Pada tahun 2020 mendatang akan diajukan lagi beberapa desa untuk dinilai sebagai desa ProKlim Lestari, Utama, Madya dan Pratama.

“Desa Bumi Jaya akan menjadi salah satu desa yang akan diajukan kembali pada ProKlim 2020 sebagai ProKlim Lestari dengan membina 10 desa lainnya. Desa-desa yang lain juga akan diajukan pada ProKlim Utama, Madya dan Pratama. Beberapa desa tersebut diantaranya Desa Tirtajaya, Desa Damit, Desa Sumber Jaya, Desa Pagatan Besar, Desa Panggung,” ucapnya.

Usai penyampaian materi dari tim DPRKPLH Provinsi Kalimantan Selatan dan DPRKPLH Kabupaten Tanah Laut peserta sosialisasi diajak untuk mengunjungi beberapa spot program Desa Bumi Jaya yang menjadi salah satu penilaian ProKlim diantaranya Bank Sampah, Kebun Desa, dan Badan Usaha Milik Desa.

Program Kampung Iklim (ProKlim) adalah program berlingkup nasional yang dikelola oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam rangka meningkatkan keterlibatan masyarakat dan pemangku kepentingan lain untuk melakukan penguatan kapasitas adaptasi terhadap dampak perubahan iklim.

Selain itu, penurunan emisi gas rumah kaca serta memberikan pengakuan terhadap upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim yang telah dilakukan yang dapat meningkatkan kesejahteraan di tingkat lokal sesuai dengan kondisi wilayah.

ProKlim dikembangkan dan dilaksanakan pada wilayah administratif paling rendah setingkat RW atau dusun dan paling tinggi setingkat kelurahan atau desa. can/ani