loader image

Puskesmas Paringin, Buka Poli DDTK

HASIL TMMD – Bupati Balangan H Ansharuddin saat meninjau foto foto hasil dari TMMD ke 106 yang dilakukan oleh Kodim 1001 Amuntai-balangan. ist

PARINGIN – Angka gangguan ke­se­hatan dan kecacatan jangka pan­jang di Indonesia terus me­ni­ng­kat. Dimana gangguan itu, di­an­taranya prematuritas seperti  ga­ngguan perkembangan seperti ke­s­ulitan belajar, autisme, ga­ng­guan pemusatan perhatian, se­lan­jutnya gangguan nutrisi, ga­ng­gu­an penglihatan dan pen­de­ng­ar­an dampak psikososial yang se­mu­anya itu bermula pada per­ma­sa­lahan tumbuh kembang Balita.

Permasalahan tumbuh kem­bang Balita ini menjadi kerisauan ter­sendiri bagi para orang tua, se­babnya masalah ini masih kurang di­­mengerti oleh para tua.

Guna memanimilir gelisahan ters­ebut, Puskesmas Paringin kini te­lah memiliki membuka Poli De­teksi Dini Tumbuh Kembang (DDTK) yang dapat membantu per­ma­salahan tumbuh kembang pa­da bayi dan Balita.

Me­nurut Kepala Puskesmas Pa­ringin dr. Aulia A Setiawaty, pen­yimpangan pertumbuhan dan per­kembangan pada bayi dan Ba­lita berusia mulai dari 0-6 ta­hun berkaitan erat dengan status gizi, lingkar kepala, empat aspek per­kembangan gerak yang me­li­pu­ti rak kasar, gerak halus, bicara dan bahasa, serta so­si­a­li­sasi dan ke­mandirian akan di­pan­tau agar tetap berada pada ja­lur normal.

Dengan adanya Poli DDTK ini kata Aulia, maka segala pen­yim­pangan pertumbuhan dan per­kem­bangan pada bayi dan balita da­pat terdeteksi lebih dini.

Dirinya mencontohkan, se­pe­rti Balita yang telat bicara pada usia yang semestinya, Balita be­ru­mur 2 tahun namun belum bisa ber­jalan sempurna, terlalu pen­di­am diantara teman-teman se­ba­ya­nya, daya dengar kurang dan da­ya lihat yang tidak sempurna ma­ka nanti di Poli DDTK, per­masalahan ini akan di screening ter­lebih dahulu, apakah yang men­yebabkan Balita tersebut me­ng­alami kendala semacam itu.

“Permasalahan pertumbuhan dan perkembangan sebenarnya bi­sa diatasi, bahkan dicegah jika ter­deteksi lebih dini,” jelasnya. Untuk itu, dirinya berharap ke­­pada masyarakata khususnya pa­ra orang tua Balita untuk me­me­riksakan buah hatinya ke Poli DDTK.

“Mari kita cegah dan atasi m­a­sa­lah tumbuh kembang anak sa­lah satunya dengan cara me­me­rik­s­akan anak balita ke Poli DDTK dan selalu menerapkan  Pe­ri­laku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS),” pungkasnya. SA/mb03